Skip to main content

6 Tips Menyimpan Sayur Mayur Sederhana Agar Awet dan Segar

Sayur-mayur jadi bahan santapan yang menyehatkan buat diolah. Sehingga, normal saja bila banyak orang dari dahulu memasak sayur-mayur untuk memenuhi kebutuhan makan tiap hari bersamaan dengan lauk pauk.

Foto : medium.com
Tetapi, dengan terdapatnya social distancing yang diterapkan oleh pemerintah, belanja sayur-mayur haruslah dicoba seminggu 2 sampai 3 kali. Perihal aturan pemerintah ini adalah untuk menjauhi berkumpul dengan banyak orang, jadi disarankan untuk memakan makanan dirumah.

Oleh sebab itu, sayur-mayur yang dibeli juga haruslah dapat terpelihara dan terjaga supaya senantiasa awet serta fresh. Buat seperti itu, kalian memerlukan panduan menaruh sayur-mayur yang pas buat memperoleh hasil maksimal untuk sayuran kalian.

Kami telah merangkum 6 panduan cara menyimpan sayur-mayur yang sudah kalian beli agar dapat senantiasa awet serta fresh dikala nanti mau digunakan untuk memasak. Oke, kita simak 6 Tips berikut ini.

1. Cuci sayuran langsung ketika habis berbelanja.

 Cuci sayuran
Foto : travel.kompas.com
Bila seluruh sayur yang sudah di beli, diperlukan untuk di cuci dahulu sebelum di simpan atau pun di masak. Buat mencucinya tiap jenis sayuran harus dibedakan antara sayuran basah dan sayuran kering. Semacam misalkan kelompok sayur hijau, serta buat sayur yang lain semacam labu siam, wortel, lobak, terong, sawi putih serta yang lain, diharapkan dicuci satu persatu supaya betul-betul bersih.

Sebaliknya buat sayur-mayur yang gampang lembek kalian cukup mencucinya sebanyak 2 kali saja ataupun membilasnya, sebab sayur tersebut telah mempunyai kandungan air yang lumayan banyak. Sayur yang telah dicuci jangan langsung ditaruh, melainkan ditiriskan terlebih dulu.

2. Jangan menyimpan sayur-mayur yang sudah di potong.

potongan sayuran
Foto : Cookdiary
Jauhi menyimpan sayur-mayur kala dalam kondisi telah terpotong-potong, alahkah baiknya sayur yg telah terpotong harus segera di masak, sebab menyimpan sayur dalam kondisi utuh akan membuat sayur lebih tahan lama dan fresh.

3. Kulkas harus dalam keadaan bersih

kulkas bersih
Foto : idea.grid.id
Jika hendak menaruh sayur ke dalam kulkas ataupun lemari es, hingga kamu wajib memastikan terlebih dulu apakah kulkas bersih ataupun malah kebalikannya, serta yakinkan pula bila kulkas bersuhu cocok. Kulkas merupakan tempat yang pas buat menaruh sayur-mayur sebab temperatur di dalamnya sejuk serta dingin.

Temperatur di dalam kulkas hendaknya ialah antara 1- 4 derajat celcius. Apabila lebih besar dari itu hingga hendak menimbulkan munculnya kuman yang nantinya hendak pengaruhi rasa serta aroma santapan yang ditaruh di dalamnya.

4. Masukan sayur mentah kedalam plastik.

sayur di plastik
Foto : mamaloka.net
Saat sebelum sayuran ditaruh, alahkah lebih baiknya bila sayur-mayur dimasukan terlebih dulu ke dalam plastik berlubang.

Menaruh sayur-mayur ke dalam plastik juga merupakan salah satu metode pas buat mempertahankan sayur- mayur supaya tidak gampang rusak, sebab sayur-mayur yang tidak di bungkus oleh plastik dan ditaruh di dalam kulkas menyebabkan hilangnya kelembaban sayur dan sayuran gampang kering.

5. Ambil Seperlunya jika mau memasak

ambil sayur seperlunya
Foto : openspaceegypt.com
Nah, sehabis kalian menaruh sayur-mayur di dalam kulkas, nyatanya di sebagian waktu kalian membutuhkan sayur-mayur tersebut buat kalian masak kembali. Sehingga kita harus jeli dan cermat untuk mengambil sayur-mayur yang betul- betul diperlukan saja.

Jauhi buat mengambil terus menaruh sayur- mayur di kulkas sangat sering. Alasannya, bila kalian sangat sering malah hal tersebut dapat mengganggu kualitas mutu sayur-mayur yang kalian ambil.

Tidak cuma kualitasnya saja yang menyusut, sayur-mayur tersebut juga kemungkinan besar akan mudah busuk. Perihal ini diakibatkan oleh sayur-mayur yang kerap terpapar dengan temperatur yang berbeda-beda.

6. Taruhlah kertas tisu di atas sayuran

tisu di atas sayuran
Foto : detik.com
Di rumah mungkin kalian memiliki sisa sayuran yang belum sempat terpakai. Untuk menyiasati hal tersebut, gunakan beberapa lembar tisu kering lalu simpan di atas sayuran hijau dan sayuran lainnya yang kandungan airnya lumayan banyak. Tisu akan menyerap air sehingga sayuran akan segar lebih lama. 

-----
Itu lah 6 tips menyimpan sayur-mayur di rumah, semoga kalian bisa melakukannya.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar