Skip to main content

5 Tips Merawat Peralatan Memasak Dari Bahan Kayu

Tips Merawat Peralatan Memasak

Peralata memasak atau peralatan dapur yang berbahan dasar kayu memiliki keunikan tersendiri. Namun sayangnya, mudah rusak dan mudah terurai. Biasanya, semakin lama peralatan berbahan kayu akan menjadi berlumut, menghitam, atau retak. Saya sendiri lebih suka menggunakan alat masak yang berbahan kayu. Karena Selain tidak bisa berkarat, Peralatan memasak dengan bahan kayu terlihat lebih alami dan natural. Tapi, cara merawat peralatan berbahan kayu ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Peralatan memasak yang berbahan kayu memiliki cara tersendiri untuk membersihkannya, sedikit berbeda dengan cara membersihkan alat masak berbahan alumunium, besi, kaca, stainless steel, atau plastik yang cukup dicuci dengan sabun dan air. Sifat bahan kayu sangat mempengaruhi perawatannya. Untuk menghindari hal tersebut, kita akan memberikan tips seputar cara merawat peralatan memasak berbahan kayu nih. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya.

alat masak kayu
Foto : pxhere.com

1. Jangan Direndam

Peralatan memasak berbahan kayu sebaiknya langsung dicuci dan tidak direndam air, ya. Karena, barang yang berbahan dasar kayu memiliki pori-pori dan bisa menyerap air. Bahan kayu yang mengandung air akan mudah berjamur. Jangan biarkan kerak sisa masakan menempel terlalu lama pada peralatan kayu. Sebab, kerak sisa makanan akan dengan mudah merusaknya.

2. Gosok Dengan Spon Kasar

Spons cuci piring yang biasa kita gunakan, memiliki dua sisi dengan tekstur yang berbeda. Di satu sisi bertekstur lembut dan sisi lalinnya bertekstur kasar. Jadi, gosoklah peralatan kayu dengan spons yang memiliki permukaan kasar. Tetapi, sebelumnya spons harus dibasahi dan berikan cairan sabun. Hindari pula penggunaan sikat kawat yang biasa digunakan untuk menggosok panci. Sebab, itu justru akan merusak permukaan peralatan kayu.

3. Gosok Noda Dengan 2 Bahan Alami

Terkadang ada aja noda membandel diperalatan masak kita, sudah dicuci dengan air sabun namun tak hilang juga, kini saatnya untuk mengambil beberapa bahan penting dapur agar terlihat baru. Setelah dicucu dengan air sabun, taburkan garam dan gosok menggunakan lemon. Kombinasi ini tidak hanya akan menghilangkan noda yang membandel, juga akan membuat semuanya tetap segar.

Bilas dengan air dingin dan keringkan. Jika masih tercium aroma tidak sedap, gunakanlah pasta soda kue dan air, kemudian gosok dengan lemon yang sudah dibelah dua. Baking soda sangat bagus untuk menetralkan asam organik. Ingat, jika sendok dan spatula ada noda, bukan berarti kotor. Noda yang membandel, seperti yang berasal dari saus tomat atau kunyit, pada akhirnya akan memudar seiring waktu.

4. Oleskan Minyak Agar Terlihat Seperti Baru

Agar peralatan memasakmu tetap terlihat cantik dan tampak seperti baru, kalian dapat melumuri menggunakan food grade mineral oil. Atau bisa juga dengan menggunakan beeswaz. Gantung peralatan kayu dan tunggu sampai kering. Jangan terburu-buru digunakan sebelum kering sempurna.

5. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Jangan sampai peralatan memasakmu dalam kondisi lembab, ya. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, maka akan berisiko menimbulkan jamur dan terjadi pelapukan pada peralatan tersebut. jemurlah peralatan memasak berbahan kayu dibawah teriknya sinar matahari sampai benar-benar kering . Sinar matahari juga membantu untuk membunuh bakteri pada peralatan kayu.

Memiliki peralatan yang terawat akan sangat membantu kamu agar tetap produktif di dapur. Tak hanya penampilannya saja yang bagus tapi peralatan yang baik juga akan memudahkan penggunanya memakainya. Jadi rajin-rajinlah merawat peralatan kayu yang dimiliki.

Semoga tips ini bisa membantu menjaga peralatan masak Anda tetap bersih dan berkualitas. Dengan begitu Anda akan lebih happy dan bisa mengolah masakan sehat untuk keluarga. Selamat mencoba. 


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar