Skip to main content

8 Tips Memudahkan Urusan Memasak

Memudahkan Urusan Memasak

Memasak merupakan aktivitas yang dilakukan sehari-hari guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Tak sesederhana seperti kedengarannya, memasak justru memiliki teknik atau pun hal-hal yang justru terbilang menyulitkan apabila tak dapat dikendalikan dengan baik. Tentunya, perlu ada pemahaman secara jelas agar proses memasak pun dapat berjalan secara lancar.

Banyak dari kita yang belum mengetahui karakter masakan yang dibuat, padahal hal mendasar ini sangat penting untuk diketahui sebelum memasak. Memasak bukan semata-mata hanya memotong maupun membersihkan saja. Faktor penempatan bumbu serta makanan yang akan diolah inilah yang kerap menjadi hal penting saat memasak.

Untuk kalian yang penasaran apa saja tips memudahkan urusan memasak, berikut ulasannya :

1. Meletakan Spatula Diatas Panci Agar Tak Meluap Airnya

Pernah kah kalian merasakan permasalahan dari luapan air pada panci? Bila iya, maka kalian pasti kerepotan dalam membersihkan sisa-sisa taburan air yang meluap itu. Permasalahan seperti ini memang umum terjadi pada saat proses merebus.

Cara menyiasatinya adalah dengan meletakkan spatula pada atas wajan. Ini bertujuan untuk membantu uap-uap panas menguap dengan maksimal dan tidak menyebabkan rebusan air meluap kembali.

8 tips mudah memasak
Foto :Makanabis.com

2. Mengupas Wortel Hingga Benar-Benar Bersih Sebelum Dimasak Agar Warnanya Terjaga

Wortel adalah salah satu jenis sayur yang memiliki warna memikat sehingga sangat cocok bila menjadi pancingan untuk anak-anak agar gemar mengonsumsinya. Tak sedikit orang yang malas membersihkan wortel sehingga hanya sekedas mengerok wortel secara sembarang dengan menggunakan pisau.

Justru hal ini hanya akan membuat wortel memiliki warna yang tak bagus dan juga bisa jadi masih ada kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, maka pastikan untuk membersihkan kulit wortel hingga benar-benar bersih agar saat matang nanti memiliki warna yang bagus.

3. Menumis Sayuran Jangan Lakukan Satu Per Satu

Metode menumis sayuran khususnya pada kangkung yang kerap dilakukan adalah menumis dengan cara satu persatu. Biasanya, bahan yang pertama ditumis adalah bawang putih, bawang merah serta irisan cabai kemudian diberi bahan tambahan seperti sosis, bakso selanjutnya sayuran kangkung kemudian garam di bagian terakhir.

Menurut Jawara MasterChef Junior Indonesia 2014, Afaf, sebaiknya kalian mencoba metode baru yang satu ini. Dalam metode ini, seluruh bahan dijadikan satu.

“Saat bahan ditumis satu persatu maka keseluruhan rasa yang ada di sayuran akan kurang terasa enak saat disantap. Berbeda saat seluruh bahan dijadikan satu ketika ditumis, seluruh aroma irisan bawang putih, bawang merah, cabai, sayur kankung, garam, tauco jika menggunakan, serta saus tiram akan menjadi satu keterkaitan dan ini akan membuat sayuran jadi lebih sedap disantap"

4.  Simpan Nanas Secara Terbalik Agar Matang Maksimal

8 tips memudahkan dalam memasak
Foto : Artinesia.com

Meski tak begitu jelas alasannya, namun banyak orang yang mengatakan bahwa nanas kupas sebaiknya diletakan secara terbalik. Alasan yang mendasarinya adalah agar nanas tersebut dapat matang secara merata. Tentu tak ada salah salahnya bila kamu tertarik untuk membuktikannya.

5. Membungkus Ujung Pisang Agar Tak Busuk

Kamu suka menyimpan stok buah-buahan seperti pisang di rumah? Bila iya, maka tips yang satu ini patut Kalian perhatikan. Pisang memang cenderung cepat membusuk bila tak segera dikonsumsi.

Oleh karenanya, kalian dapat mensiasati hal tersebut dengan membungkus ujung pisang dengan menggunakan plastik. Hal ini bertujuan agar pisang senantiasa dapat awet dan tidak busuk.

6. Gunakan Sendok Centong Untuk Telur Mata Sapi Sempurna

Jika kalian merupakan salah satu orang yang menggemari telur mata sapi, pastinya aktivitas dalam membuat olahan tersebut menjadi rutinitas tersendiri bagimu. Kadang kala membuat telur mata sapi tak semudah kelihatannya, sebaliknya jika tidak tepat justru kuning telur akan hancur.

Kalian dapat membentuk telur mata sapi yang bagus dengan menggunakan sendok centong. Caranya cukup dengan menuangkan putih telur terlebih dahulu, selanjutnya kuning telur diletakan di atasnya menggunakan sendok centong.

7. Cara Lain Hilangkan Amis Di Seafood

Kerap kali dalam menghilangkan bau amis di seafood, Kitaselalu menggunakan lemon dan garam. Hasilnya, bau amis kerap terasa ketika disantap usai masakan selesai diolah. Padahal, banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat masakan jadi lebih lezat.

Seafood, seperti udang, memang nikmat untuk dimasak dan dihidangkan dalam beragam menu. Apalagi, Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas, di mana banyak orang sudah akrab dengan udang.

Namun, bau amis kerapkali membuat kita malas memasaknya. Bau amis pada seafood memang menandakan bahan makanan ini masih segar, kecuali jika bau amis itu amat menyengat, seperti bau ammonia, berarti udang telah busuk. Kalau sudah begitu lebih baik jangan dimasak karena berbahaya.

Untuk menghilangkan rasa amisnya selain memakai lemon, bisa gunakan susu. Rendam udang dengan susu sekira 15-30 menit, tergantung seberapa kuat kita ingin menghilangkan baunya.

Namun, jangan sampai lebih dari 30 menit karena lemak dan asam dalam susu akan mulai merusak protein dalam udang. Setelah itu buang susu dari mangkuk. Cuci udang dengan air hangat dan masak sesuai selera.

8. Hilangkan Pedas Pada Cabai Dan Air Pada Timun

Saat memasak, tentunya kerap mengalami bersin. Biasanya, masakan yang dibuat terlalu pedas sehingga membuat hidung kita menjadi tersumbat alhasil bersin pun memuncak.

Jangan khawatir, pasalnya ada cara mudah untuk menghilangkan rasa pedas saat memasak meskipun tetap ingin menggunakan cabai.

“Caranya sederhana banget, gunakan dua tangan Anda untuk memutar cabainya. Putar dengan kencang tapi jangan ditekan. Setelah itu belah cabai menjadi dua bagian. Secara otomatis biji yang ada di dalam cabai akan terlepas dari kulit cabainya. Dengan memasak tanpa biji cabai maka dijamin tidak akan bersin saat memasak cabai,” bebernya lagi.

Hal kedua yang perlu diketahui adalah mengolah ketimun untuk dibuat menjadi salad. Bahan yang satu ini memang paling sering diolah menjadi salad maupun olahan minuman lainnya. Nah, jika ingin salad berair dengan menggunakan timun ini dia tipsnya.

memudahkan urusan memasak
Foto : Begini.id

“Potong timun menjadi dua bagian, lalu gunakan sendok makan selanjutnya serutlah bagian biji timun tersebut. Dalam membuat salad, kulit timun bisa digunakan atau tidak semua bergantung selera konsumsi Anda dan keluarga," paparnya.

"Perlu diingat bekas serutan timun jangan dibuang karena bisa diolah menjadi minuman segar, tinggal menuang bekas serutan timun ke dalam gelas lalu tambahkan gula cair, es batu dan berikan air soda atau air putih dingin,” tukasnya.

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat membantumu dalam menyelesaikan permasalahan yang sering ada di dapur. Selamat memasak!


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar