Skip to main content

Cara Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama Dan Tidak Mudah Busuk

Cara Menyimpan Cabai

Mommy, apakah anggota keluarga di rumah suka makan-makanan yang pedas? Kalau semua favorit dengan masakan pedas, harus stok cabai yang banyak nih. Mumpung harga lagi murah, borong aja cabenya mom. Jangan khawatir atau takut tuh cabai bakal busuk. Ini cara menyimpan cabai agar tahan lama sampai 2-3 bulan.

Apakah Mommy pernah mencoba menyimpan cabai langsung dimasukkan ke dalam freezer? Jika sudah pernah mencobanya, alhasil cabai pasti menjadi beku dan saat dikeluarkan beberapa saat kemudian akan menjadi lembek / layu banget, bukan?

Sisa cabai yang disimpan bakal ikutan layu juga mom…Semakin lama rasa cabai tersebut juga akan ikut gak enak apalagi mau diolah menjadi tumisan. Tentu bikin sedih bukan.

cara menyimpan cabai agar tahan lama
Foto : Ulaydays.com

1. Cara Menyimpan Cabai Didalam Lemari Es

Cabai merupakan salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta masakan pedas. Biasanya masalah yang selalu kita hadapi yaitu cabai yang dibeli mudah busuk, bahkan tidak terpakai lagi. Mengetahui keadaan seperti ini tentunya sangat disayangkan sekali. Seharusnya cabai bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi kebanyakan cabai yang dibeli hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja. Yang mana penyebabnya yaitu karena tidak diperhatikannya cara penyimpanan yang baik dan benar. Berikut cara menyimpan cabai didalam lemari es :
  • Pisahkan cabai dari tangkainya.
  • Tidak perlu mencuci cabai dengan air, cukup lap cabai dengan menggunakan tisu untuk menghilangkan air dan kotoran pada permukaan cabai yang bisa mempercepat proses pembusukan.
  • Masukkan cabai ke dalam wadah, Mommy boleh simpan di tupperware atau wadah yang terbuat dari plastik atau kaca. Sebelum itu lapisi bagian dalam wadah menggunakan tisu kering untuk menyerap kelembaban agar cabai tidak basah. Tidak Boleh memasukkan cabai hingga wadahnya penuh, sisakan sedikit ruang agar cabai tidak berdesakan di dalamnya.
  • Tutup wadah berisi cabe rapat-rapat, Masukkan ke dalam kulkas.

2. Cara Menyimpan Cabai Diluar Lemari Es

Pada Dasarnya, cabai merupakan tumbuhan yang dapat bertahan hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan sejak dibeli. Akan tetapi, kualitas cabai yang buruk atau cara menyimpan cabai yang salah membuat cabai tidak dapat bertahan lama. Berikut adalah cara menyimpan cabai di luar kulkas agar lebih tahan lama dan tidak mudah membusuk:

cara menyimpan cabai
Foto : Solopos.com
  • Bersihkan cabai yang baru dibeli dengan menggunakan tisu. Lap semua bagian cabai untuk membersihkan air dan kotoran yang menepel pada bagian luar cabai.
  • Masukkan cabai yang baru dibeli di wadah yang bersih atau wadah plastik lainnya.
  • Letakkan wadah di tempat yang sejuk dan kering tanpa perlu ditutup.
  • Simpan cabai pada tempat yang kering dan tidak lembab, jika anda menggunakan plastik sebagai media penyimpanan saat membeli segera keluarkan dari dalam plastik dan angin-anginkan untuk memastikan cabai tidak lembab akibat uap selama dalam plastik.
  • Masukkan 1 siung bawang putih yang sudah dikupas. Bawang putih akan membantu proses pengawetan cabai secara alami.
Beberapa cara di atas dapat mommy terapkan agar cabai yang mommy beli tetap segar dan tidak akan mudah busuk apalagi jika mommy membelinya dalam jumlah yang banyak. Itulah beberapa cara menyimpan cabai agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Selamat mencoba


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar