Skip to main content

Tips Merawat Peralatan Memasak Berbahan Stainles Steel

MERAWAT PERALATAN BERBAHAN STAINLES STEEL

Peralatan memasak yang menggunakan material baja anti karat atau stainless steel terlihat sangat bagus untuk dimiliki. Selain permukaan akhir yang mengkilap dan berkesan mewah, peralatan dapur dari stainless dinilai lebih steril untuk dipakai memasak. Merawat Peralatan Berbahan Stainles Steel pun terbilang cukup sederhana namun harus dilakukan secara berkala agar tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa tips untuk merawat dan menjaga barang-barang Memasak berbahan stainless steel agar tetap mentereng dan kinclong:

Peralatan Memasak Berbahan Stainles Steel
Foto : pxhere.com

1. ANTI KARAT BUKAN BERARTI TIDAK BISA RUSAK

Alasan mengapa stainless stell begitu banyak digunakan untuk memasak profesional yaitu karena permukaannya tampak halus dan tidak keropos sehingga menghalangi pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain. Tetapi bukan berarti karat dan nida dapat dicegah.

panci Stainles
Foto : pxhere.com
Para ahli di North American Association of Food Equipment Manufacturers mengatakan bahwa jika pelindung pada permukaan stainless steel tergores dengan sikat kawat, kemudian terjadi kontak dengan air atau terkena klorida dari pembersih rumah tangga maka stainless stell menjadi rentan terhadap kerusakan.

2. ALAT KEBERSIHAN

Untuk perawatan yang aman dan pembersihan, mulailah dengan alat yang tepat. The European Stainless Steel Development Association atau ESDA, menyarankan kepada pemakai peralatan yang berbahan stainless steel untuk menggunakan spons lembut dan kain microfiber. Hindari membersihkan dengan sikat baja yang bisa membuat goresan. Untuk pekerjaan yang sulit pilihlah bantalan yang terbuat dari plastik.

3. PEMBERSIHAN SATU ARAH

Ikuti arah garis-garis tipis yang ada pada permukaan peralatan berbahan stainless steel saat membersihkannya. Sehingga akan mengurangi potensi terjadinya goresan pada peralatan stainless steel tersebut.

4. BAHAN PEMBERSIH

Hindari produk-produk yang mengandung klorida saat membersihkan peralatan stainless steel karena akan berbahaya bagi pelingung peralatan. ESDA menyarankan menggunakan pembersih berbahan berikut :
  • Cuka yang diencerkan, bahan ini cocok untuk membersihkan kerak kapur yang biasa ditemukan dalam termos pemanas.
  • Baking soda, bahan ini cocok untuk menghilangkan endapan kopi
  • Pelarut alkohol, bahan mengandung alkohol seperti aseton, untuk menghilangkan perekat.
  • Semprotkan kaca bebas klorida, bahan ini efisien pada permukaan seperti cermin,
Pendekatan lainnya untuk membersihkan stainless steel, rendam kain dengan cuka putih murni atau minyak zaitun. lalu sikat permukaan stainless steel dengan satu arah mengikuti garis-garis tipis.

wadah Stainles
Foto : pxhere.com
Itulah tips untuk merawat peralatan memasak berbahan stainless steel yang dapat kami sampaikan. semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar