Skip to main content

Tips Membersihkan Talenan Kayu & Talenan Plastik

Talenan

Talenan merupakan peralatan dapur yang paling sering digunakan dalam aktivitas memasak. Sehingga intensitas talenan di dapur juga sangat tinggi. Talenan membantu kita memotong bahan makanan mulai dari sayuran sampai daging.

Kegiatan sibuk itu memungkinkan membuat talenan menyimpan banyak bakteri. Dengan begitu, penting untuk kita menjaga kebersihan talenan dengan cara mencuci yang tepat. Berikut tips membersihkan talenan kayu dan plastik :

1. Talenan Kayu

tips membersihkan talenan
Foto : Pexels.com

Talenan kayu tak jarang digunakan untuk memotong daging. Tentunya air dari daging dapat membuat talenan mudah bau dan menjadi lembab. Bila tak segera dibersihkan, talenan kayu bisa menjadi sumber kuman dan bakteri bila tidak dibersihkan dengan cara yang tepat lho, Bunda.

Lalu bagaimana cara membersihkan talenan kayu agar terbebas dari bakteri? Berikut Ulasannya :

1. Cuci Menggunakan Air Panas

Cuci talenan kayu yang telah selesai digunakan, siram dengan air hangat saat mencucinya. Kemudian, tambahkan sedikit sabun cuci piring dan usap menggunakan sponge atau sikat selama beberapa menit. Keringkan talenan kayu dengan meletakkannya pada sisi tembok.

2. Gunakan Disinfektan

Sesudah memotong daging, jangan lupa untuk menambahkan disinfektan usai mencuci talenan kayu. Jenis disinfektan yang disarankan adalah jenis obat antiseptik dengan kandungan hydrogen peroxide sebanyak 3 persen.

Tuangkan hydrogen peroxide di atas permukaan talenan, dan ratakan menggunakan spons pencuci piring. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan gunakan spons bersih untuk membersihkan sisa disinfektan yang tertinggal.

3. Gunakan Cuka

Selain jenis disinfektan hydrogen peroxide, cuka ternyata juga dapat membunuh bakteri yang tertinggal pada talenan kayu. Usap talenan menggunakan cuka putih setiap kali selesai menggunakannya.

Bau pada talenan kayu juga dapat dihilangkan dengan menaburkan baking soda dan menyemprotnya dengan cuka putih. Biarkan selama lima hingga sepuluh menit, lalu usap menggunakan kain yang telah direndam dalam air dingin.

4. Gosok Menggunakan Baking Soda

Baking soda tak hanya mampu menghilangkan bau pada talenan, tapi juga dapat membuatnya menjadi lebih bersih. Cukup gosok talenan kayu dengan campuran baking soda, garam, dan air hingga bersih, lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Manfaatkan Garam

Talenan kayu sudah terlihat kusam? Cobalah untuk menggosoknya dengan kain basah yang dicelupkan ke garam setelah mencuci talenan dengan air sabun.

Selain berfungsi untuk membersihkan, garam juga dapat membuat talenan menjadi lebih cerah. Kamu juga bisa membuat pasta dari campuran garam dan air lemon untuk membersihkan talenan kayu secara mendalam.

2. Talenan Plastik

tips membersihkan talenan
Foto : Suryayoga.com

Lain halnya dengan talenan kayu, talenan plastik boleh dicuci dengan mesin pencuci piring. Karena setelah talenan digunakan untuk mengiris selalu ada noda yang tertinggal, mencincang, atau memotong bahan.

Apalagi seperti memotong kunyit. Noda kuning yang menempel seringkali susah untuk dibersihkan. Namun tenang! Berikut ini tipsmembersihkan talenan plastik:

1. Menggunakan Pemutih

Siapkan satu sendok teh pemutih dan dua liter air panas. Campurkan air panas dan pemutih, lalu rendam sikat di dalamnya. Sesudah itu, gosok talenan dengan sikat yang sudah direndam di dalam campuran pemutih tadi.

Jangan Lupa bilas talenan, cuci menggunakan sedikit sabun pencuci piring kembali, hingga tidak tercium bau pemutih sama sekali.

2. Menggunakan Lemon

Potong lemon menjadi dua bagian. setelah itu, gosokkan lemon pada talenan plastik yang terdapat noda membandel. Lalu, diamkan selama 25 menit. Setelah 25 menit, talenan dapat dibilas di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih.

Tidak hanya untuk membersihkan talenan, lemon juga dapat menghilangkan bau pada talenan. Apalagi setelah digunakan untuk memotong bawang-bawangan.

3. Menggunakan Cuka

Tidak hanya dapat membersihkan cuka juga dapat mensterilkan talenan plastik. Kandungan asam asetat dalam cuka paling efektik untuk membunuh bakteri, seperti E. coli, Salmonella, dan Staphylococcus.

Caranya cukup sederhana, yaitu taburi talenan dengan baking soda, lalu semprotkan cuka putih murni.Biarkan berbusa dan menggelembung selama 5-10 menit.Kemudian, bilas dengan kain yang sudah direndam sebelumnya.

Nahh Bunda sudah tahu cara membersihkan talenan yang benar. Ini akan membantu bunda menghindari penumpukan kuman dan bakteri pada talenan. Selamat Mencoba ya Bun!


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar