Skip to main content

Tips Merawat Teflon Yang Benar Agar Lebih Awet

Tips Merawat Teflon

Untuk kalian yang hobi memasak, Teflon tentu sudah tidak asing lagi bukan? Ya, kehadiran berbagai alat masak yang terbuat dari teflon memudahkan kita untuk memasak. Teflon atau wajan anti lengket merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib ada di rumah karena memberikan kemudahan dalam memasak. Setiap teflon selalu dilengkapi dengan lapisan anti lengket yang akan membuat makanan tidak lengket pada permukaan wajan saat memasaknya.

cara merawat teplon
Foto : pxhere.com
Tetapi tidak banyak orang merasa kesulitan untuk merawat dan membersihkannya. karena dengan perawatan yang kasar lapisan anti lengket yang disebut Polytetrafluoroethylene pada teflon bisa rusak, membuat fungsi anti lengketnya hilang dan yang lebih parah lagi, lapisan itu akan membahayakan kesehatan jika mengelupas. Perawatan yang benar akan membuat peralatan teflon Anda lebih awet dan sehat. Oleh karena itu, kami disini akan berbagi tips merawat teflon yang benar :

tips merawat teflon
Foto : pxhere.com

1. Gunakan Spatula Kayu

Tidak boleh menggunakan spatula dari bahan logam karena cenderung lebih mudah menggores lapisan hitam yang ada pada teflon. Permukaan tumpul spatula lebih aman menjaga permukaan teflon dari goresan.

2. Gunakan Api Sedang Saat Memasak

Ketika memasak, pastikan kalian menggunakan api kecil hingga sedang karean sebenarnya teflon tidak cocok digunakan untuk menggoreng atau memasak makanan dengan suhu tinggi atau api besar.

3. Mencuci Teflon

Lapisan anti lengket pada teflon akan mudah rusak jika dicuci dengan sabun pencuci piring yang keras apalagi jika kalian  membersihkannya menggunakan dishwasher (mesin pencuci piring) sangat tidak dianjurkan. Untuk mencucinya kalian bisa menyiapkan kain nylon, air hangat dan sabun pencuci piring yang tidak keras. Berikut cara mencucinya :
  • Tuang sabun cuci diatas wajan, kemudian panaskan wajan diatas kompor kurang lebih selama 5 menit. Ini berguna untuk membantu kalian membersihkan sisa makanan dan minyak yang melekat pada permukaan wajan.
  • Setelah dipanaskan, tunggu hingga dingin kemudian bilas dengan air hangat.
  • Campurkan sedikit air dengan sabun cuci piring dan celupkan nylon.
  • Usap nylon pada seluruh wajan dan bilas dengan air bersih sampai tidak ada lagi sisa sabun.
Segera keringkan teflon dengan kain atau handuk yang lebut agar sisa air tidak menempel pada wajan.

4. Menyimpan Dan Merawat Teflon

Saat selesai memasak dengan teflon jangan langsung dicuci ada baiknya didiamkan dahulu sampai dingin dengan sendirinya ini bertujuan agar lapisan anti lengketnya tidak mudah mengelupas. Untuk menghilangkan sisa makanan yang melekat pada teflon jangan sampai kalian mengeroknya terlalu keras. Taruhlah wajan teflon yang sudah agak kering dalam posisi tertelungkup dan tidak boleh sampai permukaan anti lengketnya bergesekan dengan alat dapur lainnya yang akan mengakibatkan resiko tergores. Atau lebih simpelnya kalian bisa menggantun wajan teflon agar lebih aman, Hindari menumpuk barang diatas teflon agar tidak merusak lapisan anti lengketnya.

Apabila teflon yang kalian punya sudah mempunyai banyak goresan karena faktor pemakaian, maka lebih baiknya kita ganti teflon dengan yang baru. memiliki kemungkinan Lapisan anti lengket yang disebut Polytetrafluoroethylene pada teflon itu dapat tercampur dengan makanan yang sedang kalian masak.

Baik itulah sedikit tips merawat teflon yang benar, semoga bermanfaat dan dapat di peraktekan dirumah.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar