Skip to main content

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)

Teknik Memasak Kering

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Bonappetit.com
Sesuai dengan namanya, teknik memasak kering merupakan cara masak yang tidak menggunakan air sama sekali dalam prosesnya. Teknik memasak kering ini sering juga disebut dry heat of cooking.

Tentunya tekstur dan rasa makanan yang dihasilkan berbeda dengan teknik memasak basah, ya. Biasanya akan lebih kenyal, gurih, dan beberapa teknik menghasilkan tekstur crunchy. Apa saja jenisnya?

1. Deep Frying

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Oriflameid.com
Teknik deep fry membutuhkan minyak sangat banyak karena bahan makanan nya harus terendam sepenuhnya. Pastikan minyaknya sudah panas sebelum memasukan bahan makanan.

Apabila dilakukan dengan baik, meski menggoreng dengan minyak banyak tidak akan membuat makanan terlalu berminyak, lho. Air dalam kandungan makanan justru akan menguap dan mengusir minyak tersebut, sehingga minyak hanya berada di permukaan makanan.

Teknik deep fry akan menghasilkan makanan yang renyah diluar namun juicy didalamnya. Teknik ini juga memungkinkan makanan dimasak dengan cepat dan merata. Deep fry sangat bagus untuk membuat aneka cemilan dan lauk seperti keripik kentang, ayam goreng, dan pisang goreng,

2. Shallow Frying

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Sukita.id
Shallow fry adalah teknik menggoreng dengan menggunakan minyak dangkal yang tingginya hanya sepertiga hingga setengah makanan. Bahan makanan harus dibolak-balik hingga semua sisi berwarna emas atau kecoklatan merata.

Teknik ini biasa digunakan untuk menggoreng potongan daging, ikan, telur dan beberapa gorengan lain dengan api kecil sehingga makanan matang dengan merata.

3. Saute

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Rouxbe.com
Saute merupakan metode memasak dengan mencoklatkan atau menumis makanan dengan minyak yang sedikit untuk meningkatkan cita rasa bahan. Pada umumnya, bawang merupakan bahan yang sering digunakan dengan teknik ini.

Berbagai bahan makanan lain juga dapat diolah dengan saute, mulai dari sayuran lunak, jamur, seafood ataupun daging. Teknik saute tak jarang digunakan untuk menumis bumbu nasi goreng. Tidak hanya itu, makanan yang sering dikreasikan dengan proses tumisan adalah sayur kacang panjang.

4. Grilling

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Clark.com
Bisa dibilang grilling ini seperti proses membuat sate. Makanan akan dimasak dengan suhu panas yang berasal dari bawah. Api bisa dari bara arang atau kompor. Biasanya jika ingin grilling bahan makanan sudah dipotong kecil-kecil karena masaknya cepat.

Oleh karena itu, jarak api dan makanannya dibuat agak dekat supaya masakannya bisa matang dengan cepat.

5. Barbecuing

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Fox46.com
Jika grilling adalah proses fast cooking–nya, barbecuing ini adalah proses slow cooking-nya. Caranya sama, makanan akan dimasak dengan suhu panas yang berasal dari bawah. Karena ini proses slow cooking, maka daging yang di potongannya besar akan lebih cocok untuk BBQ-an.

Proses pematangannya perlahan dan merata dengan sempurna. Bedanya lagi, jarak api dan daging tidak terlalu dekat karena kalau terlalu dekat dan prosesnya lama malah bakal jadi gosong.

6. Roasting

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Bostonchafs.com
Kalau roasting ini biasanya digunakan untuk memasak satu daging utuh, misalnya ayam, kalkun, atau kambing. Sebelumnya daging akan dibumbui terlebih dulu, kemudian dioles mentega dan dimasukkan ke dalam oven.

7. Smoking

7 Macam Teknik Memasak Kering(Dry Heat of Cooking)
Foto : Netz.id
Pastinya kalian juga pernah dengar teknik memasak ini kan? yaa, makanan yang dimasak akan dipanaskan dengan asap atau udara panas sampai matang. Tenang saja, hasilnya pasti matang kok, asalkan asapnya cukup panas dan prosesnya lama. Aroma makanan yang sudah matang juga tentunya akan mengeluarkan bau khas asap yang sedap!

Itulah teknik-teknik memasak dan perbedaannya. Setiap teknik, pasti punya citarasa khas tersendiri, ya. Selamat Mencoba Bunda.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar