Skip to main content

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)

Teknik Memasak Basah

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Oriflameid.com
Biasanya yang kita tahu jika memasak di rumah itu hanya sekadar menggoreng, menumis, atau merebus. Apakah teman-teman juga begitu? Tetapi ternyata dalam memasak itu memiliki teknik berbeda-beda, lho.

Karena teknik dan prosesnya berbeda seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, tentu hasil masakannya pun menciptakan keunikan rasa dan tampilan masing-masing. 

Cara memasak basah ini maksudnya menggunakan cairan dalam proses pematangannya. Cairannya bukan cuma air saja, loh. Bisa juga menggunakan susu, kaldu, atau wine. Lama memasaknya tergantung dari teknik apa yang digunakan. Yuk, kita lihat di bawah ini apa saja sih jenis-jenis teknik memasak basah atau moist heat of cooking ini.

1. Boiling

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Epicurious.com
Boiling alias merebus. Tentu saja kita sudah familiar banget dengan teknik memasak yang satu ini. Teknik ini simple banget, cukup rendam bahan masakan di dalam air, rebus hingga mendidih, dan selesai.

Teknik boiling biasa dilakukan saat masak mie instan atau sayur. Tapi karena harus menunggu panas sampai ke titik didih tertentu (biasanya sampai 100 derajat Celcius), teknik ini biasanya dianggap kurang baik. Soalnya jika kita merebus sayur dengan air yang terlalu panas, beberapa kandungan nutrisi dan vitaminnya malah akan hilang

2. Poaching

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Derkoruma.com
Hampir mirip boiling, tapi teknik poaching ini dimasak dengan api sedang dan perlahan. Jika kalian biasa lihat di video resep-resep, teknik poaching biasa dipakai untuk bikin poached egg, yakni telur setengah matang. Diluarnya matang, tetapi begitu dipotong, kuning telurnya bakal langsung lumer. Super yummy!

3. Simmering

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Bowosusilo.com
Teknik memasak simmering berbeda ya dengan boiling dan poaching. Bedanya, simmering butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan teknik boiling. Hasilnya akan membuat kuahnya jadi lebih wangi dan mantap karena bumbu serta bahan-bahan yang direbus lebih lama jadi lebih menyerap. Teknik simmering biasanya digunakan untuk membuat kuah kaldu, soto, atau rawon.

4. Stewing

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : 1freewallpapers.com
Proses stewing tidak jarang disebut dengan menyetup atau menyemur. Cairan yang biasa digunakan bukanlah air, melainkan kaldu, santan, susu, atau mungkin bumbu kental yang sebelumnya sudah ditumis dulu.

Cairan yang digunakan untuk proses stewing ini tidak terlalu banyak. Masaknya juga slowly cooking, agar aroma dari bumbu-bumbu keluar dan masakan yang dihasilkan jadi lebih lunak. Contoh masakan yang bisa menggunakan teknik stewing ini adalah opor ayam, semur ayam, atau rendang.

5. Braising

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Thestayathome.com
Cara masak braising mirip-mirip dengan stewing, mommy. Hanya bedanya daging yang mau disetup biasanya di-marinated atau direndam terlebih dulu. Proses rendaman ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa 12-24 jam, tergantung dari jenis dagingnya.

Jika daging merah biasanya direndam lebih lama dibandingkan daging putih. Fungsinya tentu saja agar bumbu-bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging yang akan dimasak. Nah, jika sudah di-marinated, daging akan dipanggang di dalam oven agar warnanya cokelat cantik.

Kemudian daging akan direbus dengan sisa bahan perendam daging atau brown stock sampai cairannya agak kering. Contoh makanan yang biasa dimasak dengan teknik braising ini adalah iga sapi. 

6. Steaming

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Tempat.com
Steaming adalah istilah dari mengukus. Kita dapat menggunakan panci kukusan yang diisi air mendidih di bawahnya, Kemudian letakkan panci yang lebih kecil atau dandang untuk meletakkan makanan yang mau dikukus. Makanan yang biasa di-steam itu seperti bolu kukus, siomay dimsum, atau ikan.

7. Au Bain Marie

7 Teknik Memasak Basah(moist heat of cooking)
Foto : Priajelita.wordpress.com
Au Bain Marie ini istilah yang dipakai untuk mengetim. Jika kalian doyan makan nasi tim, nah ini dia teknik memasaknya. Caranya mirip dengan steaming, sama-sama menggunakan panci kukusan yang diisi dengan air mendidih di bawahnya.

Bedanya, di dalam panci nantinya diletakkan lagi panci berisi air. Kemudian, di dalam panci berisi air ini diletakan dandang berisi makanan yang mau ditim. Jadi, di dalam wadah panci kukusan itu akan ada dua wadah lagi. Yang satu berisi air, yang satu berisi makanan.

Itulah teknik-teknik memasak dan perbedaannya. Setiap teknik, pasti punya citarasa khas tersendiri, ya. Selamat Mencoba Bunda.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar