Skip to main content

8 Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

8 Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas
Foto : Medcom.id
Freezer memiliki peranan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat fungsinya membantu untuk mengawetkan makanan. 

Tetapi, perlu diingat meskipun dapat mengawetkan makanan, bukan berarti bisa menjamin makanan kita dapat awet jika cara menyimpannya salah. Hal ini karena setiap bahan makanan punya karakter berbeda. 

Karenanya perlu disimpan dengan benar agar tidak rusak dan terbuang percuma. Bahan makanan harus disimpan dengan benar dan tepat agar tahan lama dan dapat dipakai sesuai batas simpannya. 

Mulai dari produk susu (termasuk keju, mentega, yoghurt), sayur mayur sampai buah-buahan. Dilansir dari laman Daily Meal, Kamis, 16 Juli 2020, berikut ini beberapa cara untuk membuat makanan tahan lama. 

1. Periksa Temperatur Kulkas 

periksa temperatur kulkas
Foto : Rukita.co
Ini merupakan cara mudah untuk memperpanjang umur makanan kita, dengan mengatur suhu dengan benar.  Agar semuanya segar, suhu kulkas optimal adalah sekitar 37 derajat F. 

2. Jangan Cuci Sayur dan Buah Sebelum Dimasukkan Ke Kulkas

cuci sayur dan buah
Foto : Fajar.co.id
Sudah menjadi hal umum bagi kita mencuci sayur dan buah setelah dibeli dari pasar, namun sebaliknya. Jangan cuci sayur dan buah, sebab saat mencucinya buah dan sayuran akan menjadi lembap.

Ketika masuk ke dalam kulkas dalam keadaan lembap, menyebabkan produk lainnya rusak, mengembangkan jamur, dan umumnya menjadi lebih cepat rusak.  Simpan buah-buahan dan sayuran Anda tanpa dicuci di lemari es dan cuci hanya saat menggunakannya. 

3. Simpan Bawang Putih dan Bawang Bombay di Kantung Berventilasi

bawang putih dan bawang bombay
Foto : Mesinpertanian.com
Jangan menyimpan bawang bombau dan bawang putih di dalam kulkas. Sebagai gantinya, letakan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik. Pastikan juga untuk menyimpannya jauh dari kentang, karena bawang akan menyebabkan kentang membusuk.   

Bawang bombay dan bawang putih memiliki lapisan luar yang sangat kering untuk melindunginya. Menyimpannya di lemari es, yang dingin dan kurang sirkulasi udara, membuat tekstur bawang melembek dan berjamur.

4. Simpan Sayuran Hijau Dalam Wadah Penyimpanan Dengan Tisu Dapur

simpan sayuran hijau dalam wadah
Foto : Cookpad.com
Sayuran hijau seperti selada dapat berubah dari segar dan renyah menjadi layu, dan bahkan berlendir jika tidak disimpan dengan benar.  Setelah membelinya dari pasar pastikan untuk memindahkan selada ke wadah penyimpanan yang sesuai seperti kantong plastik, wadah gelas, apa pun yang Anda inginkan.  

Tambahkan satu atau dua lembar kertas tisu dapur di bagian atas dan bawah sebelum membuka atau menyegel tutupnya. Tisu dapur secara efektif menyerap kelebihan air yang biasanya menyebabkan selada rusak sebelum digunakan.

5. Cuci Buah Berry Di Dalam Cuka dan Air

Cuci buah berry
Foto : Fajar.co.id
Untuk memperpanjang usia simpan berry di lemari es, celupkan sebentar ke dalam larutan cuka kemudian tiriskan dan buang.  Campuran air cuka membantu membunuh bakteri atau spora yang dapat mengubah buah menjadi lembek.

6. Simpan Produk Susu Di Bagian Belakang Kulkas

SIMPAN PRODUK SUSU DI BAGIAN BELAKANG KULKAS
Foto : Sulselsatu.com
Tidak sedikit orangorang menyimpan susu mereka di pintu lemari es, tetapi itu salah.  Pintu kulkas sebenarnya adalah bagian terhangat dalam kulkas.

Tempat terbaik untuk benar-benar menyimpan susu dan produk susu lainnya adalah bagian belakang lemari es, yang paling jauh dari pintu, karena tempat itu tetap lebih dingin bahkan jika ada kita terlalu sering membuka tututp pintu lemari es. 

7. Bungkus Seledri dan Brokoli Dalam Aluminium Foil

bungkus seledri dan brokoli dalam alumunium foil
Foto : Theheartysoul.com
Brokoli dan seledri cenderung menjadi layu jika tidak disimpan dengan benar karena mereka melepaskan banyak etilena. Membungkusnya menggunakan alumunium foil akan membantu mereka tetap segar lebih lama. 

8. Bekukan Sisa Makanan

Bekukan sisa makanan
Foto : Nakita.grid.com
Apabila ada sisa makanan, jangan biarkan sisa makanan itu berada di belakang kulkas selama berhari-hari sampai dibuang.  Alih-alih memasukkannya ke dalam wadah yang sesuai, beri label dengan konten dan tanggal dan masukkan ke dalam freezer.  

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya Bunda!


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar