Skip to main content

Resep Kue Pia TERLEZAT | Cara Mudah Membuat Kue Bakpia

Kue Pia

Resep Kue Bakpia
Foto : showcasesemu.ID
Kue pia atau yang sering kita kenal dengan nama bakpia, merupakan cemilan atau ikon khas dari yogyakarta. Banyak wisatawan yang berburu bakpia ini ke yogyakarta karena memang bakpia atau kue pia ini merupakan oleh-oleh khas dari yogyakarta. Bakpia ini memiliki rasa yang sangat lezat, pada umumnya bakpia memiliki isian kacang hijau namun semakin modern bakpia ini semakin bervariasi looh isiannya tidak hanya isi kacang hijau tetapi ada juga rasa keju, ubi, green tea, coklat, dan masih banyak lagi varian yang lainnya.

Kue bakpia ini sering sekali kita dengar sebagai oleh-oleh khas yogyakarta namun yang sebenarnya bakpia ini bukan berasal asli dari yogyakarta melainkan dari negara sebrang yaitu china. Namun memang kue ini dijadikan sebagai ikon khas yogyakarta karena pertamakali ada di indonesi itu di yogyakarta.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswi yng bernama Amelia Puspita Sari dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan judul Bakpia Sebagai Bentuk Akulturasi Budaya Indonesia dan Tiongkok di Bidang Kuliner (Studi Kasus Bakpia 29), tertulis bakpia terbentuk dari pengaruh akulturasi budaya Tionghoa dan Budaya Jawa.

Perpaduan kuliner ini berhasil menghidangkan kue enak dan nikmat. Bakpia menjadi bukti, benturan budaya tidaklah berbahaya. Bakpia atau kue pia ini berasal dari dialek Hokkian dengan nama asli Tou Luk Pia yang secara harfiah artinya kue atau roti yang berisikan daging. Pada tahun 1940-an kue bakpia atau kue pia ini dibawa ke indonesia lebih tepatnya ke yogyakarta oleh pendatang yang berasal dari tiongkok ia bernama Kwik Sun Kwok.

Pada saat itu. Kwik Sun Kwok pada saat itu menyewa sebidang tanah di Kampung Suryowijayan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta milik seorang warga lokal bernama Niti Gurnito. Pada awl mula bakpia ini dibuat di china menggunakan isian daging dan minyak babi. Namun karena zaman semakin berkembang dan moderen maka kue bakpia ini dimodifikasi menjadi kue yang tidak lagi menggunakan minyak babi dengan isian kacang hijau. Setelah bakpia ini dimodifikasi, semakin banyak masyarakat yang menyukai cita rasa dari bakpia ini.

Nah bunda itu tadi penjelasan mengenai sejarah kue bakpia, ternyata kue bakpia ini berasal dari china. Oh iyaa, zaman semakin modern nih dan kue bakpia ini juga semakin berinovasi looh dari segi rasa atau isiannya, tidak hanya kacang hijau lagi dan original, sekarang kue bakpia ini lebih banyak variannya looh. Ada rasa keju, coklat, ubi, duren, green tea, dan masih banyak lagi rasa yang lainnya loooh. Oh iya bunda apakah sudah mengetahui resep dan bagaimana cara membuat kue bakpia atau kue pia ini ??? Hmmm... oke bunda mari kita pelajari dan coba bereksperimen untuk membuat kue bakpia yang super lezat.

Resep Cara Membuat Pia Kacang Hijau Renyah

Resep bakpia
Foto : punca training

Waktu Pembuatannya :

>> 15 menit untuk persiapan
>> 15 menit untuk memasak

Peralatan yang Kita Butuhkan :

* Wadah
* Sendok makan
* Sendok teh
* Penggiling
* Oven

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bakpia / Kue Pia Yang Lembut:

Bahan A :
* 125 gram tepung terigu protein sedang / segitiga
* ½ sendok makan mentega putih
* 40 gram tepung gula
* 75 ml susu

Bahan B :
* 175 gram tepung terigu protein sedang / segitiga
* 60 gram minyak goreng

Bahan Untuk Isian :
* 100 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam
* 100 gram gula pasir, atau sesuai selera
* 1/8 sendok teh garam
* 50 ml santan diambil dari ¼ butir kelapa

Sedikit Tips Dalam Membuat Kue Pia Kering :

Jika bunda sulit menemukan atau mencari kacang hijau yang sudah dikupas bunda bisa kupas sendiri juga bunda, dengan cara kacang hijau nya direbus selama 10 sampai 15 menit. Lalu setelah itu bunda angkat kacang hijau dan tunggu sebentar sampai suhu kacang hijau itu menurun. Jika sudah dingin maka bunda bisa mengupasnya atau meremat-remat kacang sampai kulit kacang mengelupas sendiri.

Proses Cara Pembuatan Bakpia / Kue Pia :

resep bakpia
Foto : Youtube - Dedjoem
1. Aduk bahan A yang terdiri dari tepung terigu protein sedang, mentega putih, tepung gula dan susu sampai kalis, kemudian kita sisihkan.

2. Selanjutnya ambil bahan B yang meliputi tepung terigu dan minyak goring ke dalam wadah berbeda, kemudian aduk adonan sampai kalis, dan sisihkan

3. Gulung bentuk memanjang adonan A kemudian timbang adonan masing-masing 5 gram.
Begitu pula dengan adonan B, kita melakukan hal yang sama seperti bahan A, gulung memanjang dan timbang masing-masing 5 gram juga.

4. Setelah ditimbang, giling adonan A, kemudian tambahkan adonan B diatasnya. Giling tipis dan gulung. Istirahatkan selama 1 jam sambil ditutup serbet.

Untuk membuat isian :

1. Kukus kacang hijau selama 30 menit lalu haluskan. Tambahkan gula, garam, dan santan. Masak sambil diaduk hingga kering. Angkat kemudian dinginkan.

2. Timbang isi masing-masing 10 gram

3. Giling-giling adonan kulit lalu bunda tambahkan bahan isian di tengahnya. Tekan-tekan perlahan dengan ibu jari dan telunjuk kemudian rapikan

4. Oven 7 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Balik. Oven kembali 7 menit atau hingga matang.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar