Skip to main content

Tips Agar Kentang Kupas Tidak Berubah Warna

Kentang Kupas

kentang kupas
Foto : Batamxinewn.com
Kentang merupakan salah satu makanan yang bisa diolah ke berbagai menu hidangan. Mulai dari kentang goreng, bahan campuran sop hingga menjadi salad.

Tetapi, salah satu kendala yang dialami ketika hendak mengolah kentang adalah perubahan pada warna kentang menjadi kecokelatan setelah dikupas. Hal ini pun membuat kentang kupas jadi kurang menarik saat disajikan.

Perubahan warna menjadi kecokelatan sendiri terjadi begitu cepat karena kandungan pati yang ada di dalam kentang terkena udara segar. Ketika pati terkena udara segar, kentang mengalami proses oksidasi, sehingga berubah warna keabu-abuan atau berwarna cokelat.

Untuk menghindarinya, Kalian bisa ikuti tips berikut :

1. Jangan Biarkan Kentang Teroksidasi

Jangan biarkan kentang terksidasi
Foto : Ruangmuslimah.co
Setelah kentang dikupas, biasanya akan mudah berubah warna menjadi kecokelatan. Hal tersebut karena kentang mengandung pati atau tepung. Apabila kentang kupas  terkena udara, kentang akan menjalani proses oksidasi. Sehingga menyebabkan warna kentang berubah menjadi cokelat. Meskipun masih bisa dikonsumsi, tetap saja tampilan yang tidak bagus dan tidak menarik.

2. Merendam Kentang Dengan Air

merendam kentang dengan air
Foto : Pixabay.com
Supaya kentang yang sudah dikupas tidak berubah warna menjadi cokelat, rendam kentang-kentang tersebut ke dalam air. Perendaman kentang dalam air dapat memperlambat proses oksidasi yang terjadi pada kentang tersebut.

Bahkan kentang bisa bertahan sampai 24 jam lamanya. Kentang yang diparut akan lebih cepat mengalami perubahan warna, untuk memperlambat perubahan warna gunakan air dingin untuk merendamnya.

3. Menambahkan asam pada rendaman kentang

Menambahkan asam pada rendaman kentang
Foto : Faktualnews.com
Jika Kita ingin menyimpan kentang lebih lama lagi, misalnya selama semalam, tambahkan sedikit asam ke dalam rendaman kentang merupakan pilihan yang tepat. Dengan menambahkan asam pada kentang kupas akan menurunkan PH kentang sehingga membantu melawan oksidasi pada kentang.

Kita bisa memakai air jeruk nipis/ lemon atau cuka putih. Tambahkan satu sendok teh dalam rendaman kentang. Kentang tidak akan berubah warna dan berubah rasa.

Itulah tips agar kentang kupas tidak berubah warna yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya momm!.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar