Skip to main content

Tips Mengiris Bawang Merah Agar Tidak Perih

Tips Mengiris Bawang Merah Agar Tidak Perih

Tips Mengiris Bawang Merah
Foto : Nakita.grid.id
Bawang adalah salah satu bumbu yang sudah jadi kebutuhan kita dalam memasak. Tanaman ini adalah salah jenis tanaman umbi lapis yang tumbuh subur di dataran rendah sampai tinggi. Tanaman bawang ini tumbuh subur di dalam tanah dan di panen saat berusia 3-5 dari masa penanaman.

Tahukah Kalian bahwa, tanpa bawang rasanya masakan akan kurang sedap dan kurang mantap. Bawang ada berbagai jenis, tetapi yang paling dikenal ada 3 jenis bawang yaitu bawang bombay, bawang putih dan bawang merah.

Bawang-bawang ini tidak hanya biasa dihaluskan atau ditumbuk saja tetapi juga diiris. Bawang-bawang yang diiris tidak hanya digunakan untuk dibuat bawang goreng tetapi juga untuk tumisan agar lebih nikmat dan terasa rempahnya.

Namun dilema yang sering kita hadapi adalah saat mengiris bawang terutama bawang merah dan bawang bombay adalah mata yang perih. Namun jangan khawatir karena kami sudah merangkum Tips Mengiris Bawang Merah Agar Tidak Perih yang tentu saja sangat berguna untuk ibu-ibu dan remaja putri yang ingin berkuat di dapur.  Tips yang sudah kami tuliskan ini sangat mudah untuk dipraktikan dan sangat bermanfaat.

1. Gunakan Pisau Tajam

Gunakan pisau tajam
Foto : Pixabay.com
Alasan mengapa mata kita perih saat mengipas atau memotong bawang adalah karena pecahnya enzim yang ada di dalam sel bawang.  Enzim yang terlepas dan bercampur dengan udara inilah yang bisa membuat mata kita menjadi berair.

Solusi yang tepat adalah menggunakan pisau yang tajam saat memotong bawang. Dengan menggunakan pisau yang taja, secara otomatis resiko rusaknya enzim pada bawang akan berkurang sehingga mata tidak akan perih atau berair ketika kita mengupasnya.

2. Bekukan Bawang

Bekukan bawang
Foto : Infokekinian.com
Cara kedua Kita bisa memasukan bawang ke dalam frezer.  Cara cukup masukan bawang ke dalam plastik bersih dan simpan di dalam frezer sampai bawang cukup dingin dan agak beku sekitar 10-15 menit. Ini merupakan trik yang efektif untuk membuat bawang mati suri sehingga enzim yang membuat mata perih juga akan istirahat.

Hal ini karena enzim beku tidak bisa bersenyawa dengan udara dan dipastikan mata tidak akan perih.  Trik ini juga selain melindungi mata Kita, tidak akan berpengaruh pada rasa ataupun tekstur dari bawang sendiri ketika diolah menjadi bumbu masakan.

3. Potong Bawang Di Dekat Air Panas

Potong bawang di dekat air panas
Foto : Sulselsatu.com
Banyak dari tips-tips yang beredar jika kita ingin mengurangi mata perih atau mata berair ketika mengiris bawang, Kita bisa mengambil baskom atau wadah dan isi dengan air panas. Uap dari air panas tersebut akan menyerap atau membuang enzim di dalam bawang sehingga tidak akan membuat mata anda pedih.

Cara ini cukup sederhana bukan, namun yang perlu anda waspadai Kita haru berhati-hari dalam meletakan wadah  berisi air panas, jangan sampai tersenggol hingga akhirnya tumpah dan mengenai kulit anda.

4. Rendam Bawang Didalam Air

Rendam bawang didalam air
Foto : Olivethis.com
Cara lain yang tidak kalah mudah dan bisa Kita mencoba untuk merendam bawang-bawang di dalam baskom atau wadah yang sudah berisi air.  Jangan lupa untuk mengupas bawang agar terbebas dari kuit luarnya serta kotoran, setelah itu cuci bersih dan rendam bawang merah ke dalam baskom berisi air. 

Merendam bawang ke dalam air akan melepaskan enzim yang ada di dalam bawang.  Akan lebih efektif Kita memotong bawang melintang menjadi 2 bagian agar enzim bawang lebih banyak keluar.  Rendam cukup 5 menit saja, tidak perlu terlalu la.  Setelah itu tiriskan bawang dan bawang siap untuk diiris sebagai bumbu-bumbu masakan Kita.

Itulah beberapa tips yang bisa Kalian coba untuk meminimalisir mata perih akibat memotong atau mengiris bawang.  Sebenarnya Kita tidak perlu khawatir karena meta perih akibat mengupas atau mengiris bawang adalah hal yang normal.

Hal itu menandakan bahwa bawang yang kita gunakan adalah bawang yang masih segar dan layak konsumsi.  Bawang yang sudah layu dan mengarah pada busuk biasanya tidak akan membuat mata anda pedih.  Semoga tips yang sudah kami bagikan bisa membantu anda.  Selamat mencoba dan selamat memasak.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar