Skip to main content

Tips Mengolah Usus Ayam Agar Tidak Bau Amis

Tips Mengolah Usus Ayam

Tips Mengolah Usus Ayam
Foto : Pinterest.com
Ayam menjadi menu yang banyak untuk diolah menjadi beraga menu yang enak dan sudah pasti nikmat. Ayam memiliki cita rasa yang gurih yang mampu menghipnotis siapa saja untuk mencobanya. Ayam tidak hanya dapat kita konsumsi dagangnya saja tetapi jeroanya juga. 

Jeroan ini terdiri dari berbagai bagian misalnya hati, ampe, jantung serta usus. Jeroan-jeroan ini sangat nikmat ketika diolah menjadi beragam menu masakan dan tentu saja bisa meningkatkan selera makanan. jeroan tersebut bisa dimasak pedas, berkuah atau bahkan sate.  Dan sate yang paling enak adalah sate usus.

Usus ayam gamapang untuk kita temukan, baik di pasar tradisional, penjual sayuran keliling atau bahkan super market. Terkadang yang membuat kita enggan untuk mengolah usus adalah karena baunya yang cukup amis dan menyengat.  Padahal jika hal tersebut bisa kita atasi, kita bisa mengolah usus menjadi menu-menu lezat dan nikmat.

Kami sudah menuliskan Cara Mengolah Usus Ayam agar Tidak Bau dan Amis yang bisa kalian praktikan di rumah. Jika anda sudah bisa mengatasinya dijamin makanan berbahan dasar usu ini sungguh sangat sedap untuk disantap.

1. Perhatikan Kualitas Usus

Kualitas usus merupakan hal yang utama. Sebelum membeli usus, pastikan terlebih dahulu bahwa usu yang Kita beli dalam keadaan baik dan layak konsumsi. Usus yang segar dan masih baru memiliki tekstur yang keras dan kenyal serta warna yang putih kekuningan. Usus memang amis namun amin khas dan bukan bau busuk yang menyengat. 

Jika usus berwarna kebiruan atau berwarna gelap, sebaiknya tidak digunakan atau di beli karena itu merupakan indikasi usus yang kurang baik atau sudah lama. Namun jika Kita membeli usus di supermarket atau mall, pastikan Kita mengecek tanggal kedaluarsa dari susu ayam tersebut, Kita bisa melihat tanggal masuknya produk dan sebaiknya digunakan sebelum tanggal berapa, hal ini untuk membuat kualitas usu tetap terjaga.

2. Cuci Bersih Usus

Jika Kita sudah mendapatkan usus yang segar dan layak makan. Jangan lupa untuk mencuci usus sehingga benar-benar bersih. Kita bisa mencuci sebanyak 3 kali atau lebih untuk menghilangkan semua kotoran atau lemak yang menempel pada usus.  Sebaiknya gunakan air yang mengalir sehingga kotoran tidak mengendap.  Selain itu tiriskan usus hingga airnya berkurang sebelum diolah.

3. Gunakan Larutan Asam

Gunakan larutan asam
Foto : Higaragro.com
Sudah menjadi rahasia umum kalau larutan asam bisa menghilangkan abu-bau asam pada makanan amis termasuk usus. gunakan air asam, cuka puih atau kucuran jeruk nipis pada wadah berisi usu yang sudah kita bersih.

Aduk-aduk sambil diremas dan biarkan selam 10 menit agar bisa meresap dan menghilangkan bau amis.  Cuci kembali usu tersebut untuk kemudian digunakan sebagai bahan dasar masakan.

4. Rebus dan Tambahkan Rempah

Rempah-rempah
Foto : Intisari.grid.id
Selanjutnya kita bisa merebus usus dan menambahkan beberapa rempah seperti daun salam, daun jeruk, batang serai atau jahe. Bahan-bahan ini mampu menghilangkan bau khas susu yang mungkin saja mengganggu.

Proses perebusan ini juga dilakukan dengan memasukan susu ke dalam air mendidih dan memasaknya selama 5-10 menit. Tiriskan usus dari airnya dan buang air tersebut, tujuan itu untuk mengurangi kandungan lemak dalam usus agar laru di dalam air panas, sehingga susu lebih bersih dan tidak mengandung lemak serta kolesterol berlebih.

5. Gunakan Bumbu Lengkap

Gunakan bumbu lengkap
Foto : Faktualnews.co
Penggunaan bumbu lengkap juga bisa menjadi salah satu trik jitu menghasilkan usus yang enak, empuk dan bebas bau.  Kita bisa mengolah usus menjadi berbagai macam menu makan mulai dari kuah, kering bahkan bakar.

Penggunaan rempah seperti jahe, kunyit, bawang atau cabai mampu mengusir bau amis pada usus. Selain itu jangan lupa juga untuk menambahkan daun salam serta daun jeruk agar semakin nikmat dan harum sajian usus anda.

Selamat mencoba ya Bunda.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar