Skip to main content

Tips Menyimpan Ikan Asin Agar Tidak Berjamur dan Berulat

Tips Menyimpan Ikan Asin

Tips Menyimpan Ikan Asin
Foto : Lensaindonesia.com
Untuk penggemar ikan asin mungkin tidak ingin terlewatkan makan tanpa ikan asin, karena banyak orang yang mengatakan makan dengan ikan asin bisa menambah nafsu makan, lho bun!

Ikan asin memang nikmat disantap, apalagi jika diolah menjadi tumisan atau sambal goreng. Mungkin karena alasan itulah Kita menyimpan stok ikan asin banyak-banyak.

Tapi hati-hati, ikan asin dapat cepat busuk jika tidak disimpan dengan benar. Bahkan bisa menjadi tempat tumbuhnya larva.

Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan ikan asin agar awet, tidak berjamur, dan tak berulat.

1. Simpan di Suhu Ruangan

Simpan di suhu ruangan
Foto : Halodiabetes.com
Ikan asin dapat diletakkan begitu saja di dalam wadah dengan suhu ruangan, disimpan di lemari dapur atau sudut dapur. Pastikan tempat menyimpan tidak lembap agar ikan asin tidak mudah rusak. Lebih baik jika tempatnya sejuk dan mudah terkena sinar matahari.

2. Simpan di Wadah Kedap Udara

Siapkan wadah yang kedap udara sebagai media penyimpanannya, tidak hanya untuk mencegah kontaminasi dengan udara luar dan berisiko merusak ikan asin, tujuan menggunakan wadah kedap udara yaitu untuk menjaga supaya bau ikan asin tidak merusak bahan makanan lain di sekitarnya.

3. Bungkus dengan Kertas Roti

Bungkus dengan Kertas Roti
Foto : Idntimes.com
Agar kesegaran dan kondisi kering ikan asin tetap terjaga, gunakan kertas roti atau kertas bersih lainnya untuk membungkus ikan asin tersebut.

Fungsi bungkus kertas adalah untuk menyerap kelembapan ikan asin sehingga memastikan ikan asin tetap kering. Jangan sekali-kali gunakan plastik karena rentan membuat ikan asin lembap.

4. Simpan di Freezer

Ikan asin juga dapat diletakan di freezer dengan suhu di bawah -3C. Kondisi kering ikan asin akan tetap terjaga dan tentunya akan lebih awet. Namun pastikan sudah membungkusnya di wadah tertutup dan dilapisi dengan kertas roti agar bau dari ikan asin tersebut tidak memengaruhi makanan di sekitarnya.

Demikian berbagai cara untuk menyimpan ikan asin agar awet dan tidak mudah berjamur atau berulat yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya Bunda.


Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar