Skip to main content

BudiCooking | Tips Membuat Pempek Agar Kenyal

 BudiCooking | Tips Membuat Pempek Agar Kenyal 

Mencoba berbagai makanan yang asli dan khas nusantara memang tidak ada habisnya, salah satunya yaitu makanan khas dari Palembang yang sudah banyak dikenal seperti pempek. Meski jelasnya sudah banyak resep yang bisa dicari dan dilaksanakan sendiri di rumah, namun beberapa orang mengalami kesulitan dalam membuat pempek karena hasilnya yang alot.

pempek
Photo: faktualnews.co

Makanan khas Palembang ini sudah jadi makanan kesukaan seluruh masyarakat di Indonesia. Itulah mengapa kini penjual pempek bisa ditemukan di manapun. Pempek yang dijual di pasaran terasa enak karena punya tekstur yang kenyal saat dikunyah. Sayangnya, kini tak sedikit penjual yang menggunakan bahan berbahaya untuk membuat pempek dengan tekstur kenyal.

Ternyata, membuat pempek ada beberapa teknik khususnya agar bisa menghasilkan pempek empuk dan kenyal. Berikut tips membuat pempek agar tetap kenyal :

1. Gunakan ikan yang segar

Pempek bisa dibuat dari ikan tenggiri atau bahkn ikan belida yang diambil hanya dagingnya. Ikan harus segar dan juga dingin yang telah dimasukkan kulkas bukan hanya untuk mengurangi bau amis, namun juga untuk menjaga kualitas, rasa, tekstur kenyal pada pempek itu sendiri.

2. Gunakan tepung sagu yang masih baru

tepung sagu
Photo: cakefever.com

Pakai tepung sagu yang masih baru dan berkualitas bagus, salah satu cirinya yaitu berwarna putih bersih dan tidak berbau apek. Jangan sampai tertukar dengan tepung tapioka, meski sama memberi tekstur kenyal tapi tidak beda dalam hasilnya.

3. Mencampur hingga perbandingan bahannya tepat

Pastikan ukuran dan juga perbandingan bahannya yang tepat, ikan giling dan ikan utuh berbeda dari beratnya. Ikan yang biasanya dipakai tenggiri, ikan belida atau ikan kakap. Timbang pada saat sudah digiling. Biasanya, perbandingan tepung sagu dan ikan yaitu 1:1. Jika terlalu banyak tepung maka akan membuat pempek keras dan alot.

4. Jangan pernah menguleni adonan pempeknya

adonan pempek
Photo: resepmasakan101.blogspot.com

Sebaiknya pencampuran dari ikan dan tepung sagu tidak untuk diuleni agar hasil dari pempek itu tidak alot dan tidak keras. Adonannya hanya cukup dicampur dengan cara diaduk hingga merata. Ingat!! untuk tidak di uleni.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar