Skip to main content

BudiCooking | Tips Menumis Kangkung Agar Warnanya Tetap Hijau

 Tips Menumis Kangkung Agar Warnanya Tetap Hijau

Kangkung adalah salah satu sayuran yang tidak hanya mudah untuk diolah tetapi juga memiliki rasa yang khas juga menggugah selera siapapun. Masakan yang terkenal dari sayur ini adalah tumis dan plecing kangkung.

tumis kangkung
Photo: mazmur.id

Saat memasaknya, tentunya kita akan selalu dihadapkan dengan keadaan yang berubah warnanya menjadi hitam. Sering kali masalah seperti ini membuat kesal, karena selain tidak terlihat bagus, selera makan pun menjadi berkurang.

Menumis kangkung di rumah pasti sudah sering dilakukan. Namun, setiap kita pergi ke restoran, tumis ini tetap jadi sayur pilihan utama. Alasannya, kangkung buatan restoran tampak lebih menggiurkan karena warna hijau cantiknya dan masih sangat renyah. Berbeda dengan kangkung di rumah yang tampak kehitaman dan juga layu. 

Supaya lebih menambah selera, ini tips agar kangkung tetap hijau setelah dimasak :

1. Perhatikan kualitasnya

kangkung
Photo: ilmubudidaya.com

Pilih kangkung yang masih segar dan juga tidak layu. Usahakan selalu agar membeli sayur yang warnanya masih terlihat hijau. Sayur yang masih hijau akan amat memungkinkan warnanya tidak berubah setelah sayur itu diolah.

2. Gunakan api yang besar

Pastikan menggunakan api yang besar saat mengolah kangkung. Api besar menghasilkan panas yang besar pula dan sayur kangkung bisa cepat matang. Jika sayur kangkung lebih cepat untuk matang maka warnanyapun tidak akan berubah.

3. Hindari untuk tidak menambahkan air

Saat mengolah masakan sayur kangkung, hindari untuk menambahkan air kran ke dalam masakannya. Tanpa menambahkan air, sayur kangkung akan mengeluarkan air dengan sendirinya. Apalagi jika sayur kangkung itu masih terlihat segar.

4. Tambahkan air jeruk lemon

lemon
Photo: kitakini.news

Dalam memasak kangkung, bisa menggunakan bahan seperti yang biasa anda gunakan. Namun, hal yang perlu anda ketahui adalah anda harus mengolah atau memasaknya dengan menggunakan api yang sedang. 

Setelah beberapa lama dimasak, kangkung akan menghasilkan air. Karena itu, lebih baik jika anda tidak menambahkan air ketika memasaknya meskipun air nya sedikit, gunakan saja perasan air jeruk lemon setengah sampai satu buah jeruk lemon yang masih utuh. Ketika sudah ditambahkan air perasan dari jeruk lemon, anda bisa mengaduknya dengan hati-hati.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar