Skip to main content

Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Bau Amis

 Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Bau Amis

Cumi merupakan salah satu bahan makanan yang ‘sensitif’, karena harus diolah dengan benar supaya hasilnya lebih sempurna. Mungkin kalian pernah kecewa pada saat mengolah cumi karena sajian yang dihasilkan sangat alot, bahkan sulit digigit. Selain udang dan kepiting, salah satu seafood yang juga banyak disukai yaitu cumi. Bagi kamu pencinta kuliner seafood, tentunya sangat doyan banget, dengan olahan seafood ini? Untuk memakan bermacam masakan seafood, biasanya kamu harus datang ke restoran. Karena tidak semua orang bisa memasak olahan cumi ini.

olahan cumi
Photo: faktualnews.co

Adakala saat memasaknya sendiri di rumah hasilnya tidak sama dengan masakan cumi di restoran kesukaan. karena biasanya cumi masih bau amis atau bahkan dagingnya masih alot. Tetapi, sebetulnya cara untuk memasak cumi tidak sulit. Hanya saja untuk menghilangkan bau amisnya bisa menggunakan perasan air jeruk dahulu.

Berikut ini adalah tips mengolah cumi yang baik dan benar :

1.Saat membeli cumi, pilih cumi yang benar-benar masih segar.

cumi segar
Photo: kumparan.com

Cara memilih cumi yang masih segar yaitu, selalu pastikan warna kulit putih kelabu dengan bintik kemerahan juga matanya yang masih cukup jernih, lalu pilih cumi yang pada bagian kepala dan juga tubuhnya masih menyatu, selalu cek juga, apa dagingnya masih kenyal atau tidak jika pada saat ditekan dengan jari masih mengeluarkan banyak tinta, itu harus dihindari. Jangan pilih cumi yang warna kulitnya sudah berubah ungu tua, apalagi bagian tentakel berwarna kekuningan bahkan robek, karena itu artinya cumi akan mengalami kebusukan.

2.Jangan simpan terlalu lama

Menyimpan cumi terlalu lama hanya akan meningkatkan bau amis semakin menyengat. Selain dari itu, teksturnya pun akan menjadi lembek dan juga berair. Lebih baik, diolah langsung pada saat beli.

3. Selanjutnya cuci hingga bersih

Supaya bau amis berkurang, cuci dengan air mengalir, pastikan tinta yang ada di dalam perutnya dibuang. Supaya lebih mudah untuk diolah.

4. Gunakan jeruk nipis atau jahe.

jeruk nipis
Photo: mazmur.id

Setelah bersih, balut permukaan cumi dengan air jeruk nipis biarkan selama kurang lebih 10 menit. Karena zat asam yang terkandung akan secara efektif mengurangi bau amis. Selain itu juga bisa membubuhkan parutan jahe pada permukaan cumi agar bau amis hilang.

Semoga bermanfaat!

 




Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar