Skip to main content

Tips Memilih Cabai Untuk Sambal Pedas

 Tips Memilih Cabai Untuk Sambal Pedas

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia dikenal sangat menyukai masakan yang pedas. Tak heran, di tiap sajiannya pasti dilengkapi dengan berbagai macam sambal. Bahkan, rasa dari masakan akan terasa kurang nikmat tanpa ada sambal. Untuk membuat sambal yang rasanya nikmat, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya yaitu dengan menggunakan cabai yang berkualitas baik. Penggunaan cabai yang tidak baik maka akan menghasilkan rasa sambal yang tidak sedap dan bahkan kurang pedas.

sambal
Photo: blogunik.com

Oleh karena itu, cabai juga salah satu bahan yang selalu ada di dapur. Entah itu cabai rawit, cabai besar, bahkan hingga cabai keriting. Saat membelinya, harus benar-benar memilih cabai berkualitas baik. Setelah membeli, harus pintar dalam menyimpannya agar tak mudah busuk, berjamur, atau kering. Untuk menghindari hal itu maka simak tips berikut:

1.  Perhatikan Warna dan tekstur cabai

Saat membeli cabai merah, perhatikan warna dan teksturnya. Cabai merah yang berkualitas baik memiliki warna merah segar dan tidak berubah warna. Selain itu juga, tekstur yang dimilikinya halus dan juga tidak keriput.

2.  Perhatikan dari bentuknya

cabai
Photo: caratanisukses.blogspot.com

Tidak sulit membedakan cabai yang berkualitas baik hanya saja perlu memperhatikan dari bentuknya saja. Usahakan pilih cabai yang berukuran yang besar berbentuk lurus tidak melengkung. Karena cabai dengan bentuk yang melengkung memiliki rasa yang kurang pedas.

3. Aroma

Pilih cabai dengan aroma yang pedas juga segar. Cabai yang beraroma pedas yang khas biasanya memiliki tingkat kepedasan yang sangat tinggi dan segar. Sebaliknya, cabai yang sudah busuk memiliki aroma pekat tidak segar.

4.  Angin-anginkan cabai

Biasanya pedagang membungkus cabai dengan beberapa plastik-plastik bening. Usahakan secepatnya mengeluarkan cabai dari plastik supaya tidak lembab, setelah itu angin-anginkan cabai hingga kering, juga bisa menjemur cabai di bawah sinar matahari namun tidak boleh lama demi memastikan jika cabai sudah kering.

5. Batang cabai

cabai merah
Photo: id.pinterest.com

Saat memilih cabai, jangan lupa perhatikan bagian batangnya. Batang cabai yang segar memiliki tekstur yang keras dan juga kokoh. Selain itu juga, warna dari batang cabai segar cenderung kehijauan.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar