Skip to main content

Tips Memilih Minyak Goreng Yang Aman dan Sehat

 Tips Memilih Minyak Goreng Yang Aman dan Sehat

Proses pengolahan makanan lumrah dilakukan dengan dua cara, yaitu dimasak dan digoreng. Untuk cara yang kedua ini, kebanyakan orang menggunakan minyak untuk menggoreng makanan. Namun, keberadaan minyak goreng pada makanan dapat membawa dampak bermacam gangguan untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak jenuh, dapat berisiko meningkatkan kolesterol darah, dan berakibat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

minyak goreng
Photo: one-shop.id

Minyak goreng adalah salah satu bahan yang sangat diperlukan ketika memasak, apalagi kehadirannya itu selalu ada di setiap dapur meskipun dengan demikian pada kenyataannya mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak minyak tidak baik bagi kesehatan.

Untuk meminimalisir konsumsi lemak jahat, kita bisa mengupayakan dengan cara memilih minyak goreng yang lebih terlihat sehat. Sebagai tumpuan, minyak goreng yang baik juga mengandung lebih banyak lemak baik, dan kandungan dari lemak jenuhnya rendah. Untuk mengetahuinya simak pembahasan di bawah ini:

1. Perhatikan Karakteristik Minyak yang di Beli

minyak
Photo: patinews.com

Ketika membeli minyak, pilih minyak yang berkualitas tinggi dan juga sehat, juga harus memperhatikan beberapa karakteristik dari minyak tersebut. Pilih minyak yang jernih, selain itu juga pastikan bahwa minyak tersebut tidak terlalu kental. Karena minyak yang mempunyai beberapa karakteristik tersebut sangat beresiko tinggi bagi kesehatan kita, seperti misalkan meningkatkan risiko kanker, kolesterol, juga menimbulkan gatal di tenggorokan.

2. Perhatikan Komposisi minyak

Yang paling mudah dilakukan yaitu baca label kemasan. Sebelum membeli minyak goreng, disarankan untuk membaca secara jeli label dari kemasannya terlebih dulu. Jangan membeli minyak goreng dengan komposisi lemak yang tinggi, khususnya lemak jenuh.

3. Minyak yang baik Tidak akan Mudah Beku

Minyak goreng yang sehat dan layak untuk dikonsumsi yaitu minyak yang tidak mudah menjadi beku. Ini bisa jadi tanda bahwa minyak itu mengandung sedikit lemak jenuh, sehingga bisa memperkecil risiko gangguan jantung akibat dari penumpukan kolesterol jahat.

4. Minyak Sehat Tidak Menyerupai Air

minyak goreng
Photo: hargabulanini.com

Terakhir, tanda minyak goreng yang sehat dan juga layak dikonsumsi yaitu teksturnya yang menyerupai air atau memiliki karakter yang tidak kental. Dengan ciri ini, minyak goreng tidak akan meresap berlebihan ke dalam makanan, hingga tidak menimbulkan rasa gatal di tenggorokan.






Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar