Skip to main content

Tips Mengolah Ikan Asin Lezat dan Renyah

 Tips Mengolah Ikan Asin Lezat dan Renyah

Ada beberap ragam jenis dari ikan asin yang bisa kita konsumsi. Dan, ada banyak juga olahan ikan asin yang bisa kita coba. Namun, terkadang setelah digoreng justru terasa keras tidak renyah. Bagi masyarakat seluruh Indonesia tentu saja ikan asin merupakan jenis olahan yang sangat umum untuk dikonsumsi. Tak sulit menemukan para pedagang yang menjajakan ragam jenis ikan asin yang lezat. Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan menggunakan garam, sehingga tidak heran bila rasanya memang asin. Namun, tak semua orang mengerti cara yang benar untuk mengolahnya.

masakan ikan asin
Photo: youtube.com

Bagi seluruh masyarakat di Indonesia tentu saja ikan asin merupakan jenis olahan yang umum untuk dikonsumsi. Tak sulit untuk menemukan para penjual yang menjajakan bermacam jenis ikan asin yang lezat. Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan menggunakan garam laut, sehingga tak heran bila cita rasa memanglah asin. Namun, tak semua orang paham dan juga mengetahui tentang cara yang tepat untuk mengolahnya. 

Simak tips panduannya berikut ini :

1.  Pilih dari Jenis Ikan Asinnya

Ikan asin ada bermacam yaitu ikan asin yang segar, namun ada juga yang basah. Contoh ikan asin yang kering di antaranya yaitu ikan asin pari, ikan asin bulu, dan ikan asin kapas. Sementara itu, ikan asin yang teksturnya basah yaitu ikan asin jambal dan peda. Apapun pilihan ikan asinnya, pastikan ikan yang kita pilih tetap bersih dan juga segar. Jika ikan yang kita pilih sudah berubah warna, maka patut dicurigai.

2. Cuci ikan asin

ikan asin
Photo: faktualnews.co

Walaupun ikan asin diproses dengan cara dikeringkan, tapi pada saat akan digoreng kering kita tetap harus mencuci terlebih dahulu. Tujuan dari itu untuk menghilangkan kotoran maupun debu yang menempel pada saat proses penjemuran dan juga penyimpanan. Namun, jangan terlalu lama dalam mencucinya, sebab asinnya akan berkurang, dan tekstur ikan akan menjadi lembek.

3. Rendam ikan asin

Mencuci ikan asin sebenarnya sudah cukup untuk mengurangi kadar garam pada ikan asin, namun ada pula jenis ikan yang memang kadar garamnya tinggi berlebih. Hal ini bisa disiasati dengan cara direndam dengan air panas selama kurang lebih 15 menit. Cara ini ampuh dalam memberikan cita rasa sendiri. 



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar