Skip to main content

Tips Dalam Memilih Bawang Bombay Agar Tahan Lama

Tips Dalam Memilih Bawang Bombay Agar Tahan Lama

Bawang menjadi salah satu bahan masakan yang wajib ada di dalam rak penyimpanan. Karena, hampir semua masakan membutuhkan bawang. 

bombay
Photo: asset-a.grid.id

Salah satu jenis bawang yang paling sering dibutuhkan salah satunya yaitu bawang bombay.

Siapa yang tidak mengenal jenis bawang yang satu ini? Kamu yang suka masakan khas Italia seperti pasta atau bahkan snack khas barat seperti onion ring, pasti akan kenal banget sama bawang yang satu ini.

bawang
Photo: halodoc.com

Bawang berbentuk bulat berwarna keemasan ini sebetulnya cepat sekali membusuk jika tidak disimpan dengan baik dan benar. 

Bawang ini juga yang sering membuat mata kita berair jika sedang mengirisnya dikarenakan mengandung senyawa pedas dan panas yang dikeluarkannya.

bawang bombay
Photo: id.wikipedia.org

Simak tips berikut ini agar bawang bombay lebih tahan lama:

1. Pilih bawang bombay yang tidak bertunas

Salah satu cara paling mudah untuk melihat kualitas bombay yang baik yaitu adanya tunas. Jika tidak ada tunas, artinya bawang itu memiliki kualitas yang baik dan juga tahan lama.

bawang
Photo: kumparan.com

Bombay dengan tunas cenderung sangat muda saat dipanen. Itu membuatnya lebih cepat busuk saat disimpan. Selain itu, bawang bombay dengan kondisi seperti ini tak lezat jika diolah rasanya tak begitu sedap.

2. Pastikan seluruh isinya masih keras

Periksa bentuk dan juga keadaan kulit bawang bombay nya. Pilih bawang bombay dengan kulit yang masih licin bahkan berkilau, itu tandanya kondisi bawang masih sangat segar.

bombay
Photo: rumahmesin.com

Selain itu juga bisa memijit bawang bombaynya terlebih dahulu. Jangan dipilih jika lembek, karena itu artinya akan membusuk. Tapi pilihlah bawang bombay yang masih keras dan kokoh.

3. Hindari membeli bawang yang ujungnya terkelupas.

Jika menemukan bawang bombay memiliki ujung yang terkelupas atau kulitnya sudah rusak, lebih baik hindari bahkan jangan dipilih.

b.bombay
Photo: idntimes.com

Biasanya jika bawang yang ujungnya sudah mengelupas tidak akan mampu bertahan lama dan akan lebih cepat membusuk.

4. Jangan simpan bawang bombay di dalam kulkas

Bawang bombay yang disimpan dalam kulkas akan lebih cepat untuk membusuk. Karena, suhu yang dingin bisa membuat kelembaban bawang bombay jadi lebih tinggi.

Selain itu, bau bawang bombay sangat tajam, sehingga bisa membuat bau kulkasmu tidak sedap.

rak bawang
Photo: mejatop.blogspot.com

Sebaiknya, simpan di tempat yang sejuk dan kering, dengan begitu, bawang bombay bisa mendapatkan udara dengan baik dan membuat jauh lebih tahan lama.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar