Skip to main content

Tips Memasak Pare Agar Meminimalisir Rasa Pahit

 Tips Memasak Pare Agar Meminimalisir Rasa Pahit

Pare adalah salah satu jenis sayur yang banyak dipakai para kuliner Asia Tenggara. Karena, paling mudah ditemui sebagai tumis, pare juga merupakan sayuran yang sebenarnya memiliki banyak manfaat, terutama manfaat untuk pencernaan.

pare
Photo: suratkabar.id

Karena rasanya yang condong pahit, akhirnya banyak orang kurang suka bahkan tidak suka pare. Padahal sayuran satu ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Diantaranya yaitu untuk menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, dan juga meningkatkan kualitas ASI pada ibu.

Karena mengandung banyak vitamin dan mineral, rasanya sayang jika melewatkan sayuran pare ini hanya karena rasanya. Lagi pula rasa pahit pare bisa diminimalisir dengan pengolahan yang benar. 

Bukan berarti tidak ada cara untuk membuat rasanya lebih netral. Kalian bisa mempraktikkan beberapa tips berikut ini :

1. Cara Pemilihan Pare 

Pilih pare yang masih muda karena semakin tua atau matang, maka rasanya semakin pahit. Pastikan menggunakan pare yang masih muda dan kulitnya keras. 

pare
Photo: farmasetika.com

Salah satu ciri pare yang masih mudayaitu yang warnanya cenderung lebih hijau tua. Makin matang, maka warnanya akan memudar. Pilih juga pare yang berukuran kecil karena pare yang besar biasanya punya rasa yang lebih pahit. 

2.  Bersihkan dengan tepat dan juga buang bijinya

potongan pare
Photo: jateng.liputan.co.id

Setelah membersihkan permukaan dari pare tersebut, potong sesuai selera. Buang bagian bijinya supaya rasa pahitnya bisa diminimalisir. Mengiris pare dengan tipis agar bisa jadi salah satu cara mengurangi pahit, lebih lagi saat dijadikan tumisan.

3. Rendam pare

Rendam semua potongan-potongan pare yang sebelumnya sudah diiris, masukkan ke dalam air asam selama kurang lebih 30 menit.

4. Rendam dengan air garam

rebusan pare
Photo: cintaihidup.com

Didihkan air dengan api sedang, masukan irisan pare dan taburi garam di atasnya. Remas pare hingga layu dan peras agar airnya keluar. Setelah itu, buang air sisa pare, lalu siram dengan air mendidih dan bilas hingga bersih. Lakukan langkah ini dua kali atau lebih agar hasilnya lebih maksimal.

5. Gunakan bawang putih dan minyak zaitun

bawang putih
Photo: kitakini.news

Agar pare tidak pahit, gunakan minyak zaitun dan juga bawang putih. Panaskan minyak zaitun lalu masukkan bawang putih. Setelah tercium harum, masukkan langsung irisan pare.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar