Skip to main content

Tips Memilih dan Penggunaan Tepung Terigu

Tips Memilih dan Penggunaan Tepung Terigu

Dalam beberapa resep masakan, tepung terigu adakalanya tidak hanya ditulis tepung terigu saja. Ada juga beberapa keterangan tambahan yang lebih khas dalam menentukan jenis tepung terigu yang akan dipakai, seperti tepung terigu yang rendah protein, tepung terigu protein sedang, dan juga tepung terigu tinggi protein.

tepung terigu
Photo: thehijau.com

Tepung adalah bahan yang paling dasar dan juga banyak digunakan. Perbedaan jenis tepung terigu juga terletak pada setiap  kandungan proteinnya. Penggunaan jenis tepung terigu ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari masakan. 

Resep yang sama juga jika menggunakan jenis tepung berbeda, maka hasil rasa dan tekstur makanannya berbeda. Beberapa jenis makanan juga lebih cocok menggunakan jenis tepung terigu tertentu. 

tepung
Photo: one-shop.id

Salah satunya yaitu membuat kue yang enak dan memiliki tekstur yang juga baik bukanlah persoalan yang mudah. Pasalnya mesti membutuhkan latihan yang terus menerus agar bisa menemukan susunan tepat yang cermat.

Sebagai pengetahuan tambahan filtrasi tepung terigu merupakan teknik di dapur yang akan sangat besar pengaruhnya pada suatu tekstur kue yang dibuat. Hasilnya nanti akan terlihat lebih jelas pada hasil akhir, halus atau tidaknya permukaan kue tersebut. 

tepung terigu
Photo: kabarsumbar.com

Semakin gampang tepung bercampur dengan adonan, maka semakin cepat pula proses pengadukan yang diperlukan. Hal ini diperlukan untuk mencegah adonan menjadi mengeras karena tepung yang terlalu lama ketika diaduk. 

Tepung terigu sendiri merupakan bahan dasar pembuatan kue yang terbuat dari kandungan gandum, yang dengan mudah menggumpal.

gandum
Photo: gadgetplus.co.id

Beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih tepung yang tepat, yaitu :

1. Tepung protein tinggi 

Sangat cocok digunakan untuk makanan yang membutuhkan kekenyalan dengan kualitas tinggi seperti mie, roti tawar, mie basah maupun martabak, atau membuat kulit martabak. 

Ketika menggunakan tepung terigu jenis ini, hasil makanannya akan mengembang, lembut, dan juga elastis. Di samping kelebihan itu, tepung ini juga mempunyai kekurangan, yaitu membuat olahan menjadi sangat cepat basi.

2. Tepung terigu dengan protein sedang

Tepung ini baik untuk membuat bermacam aneka makanan yang teksturnya lembut dan juga sangat cukup mengembang seperti bolu, brownies, martabak manis, pastel, maupun kroket. 

3. Tepung terigu protein rendah 

Bisa saja menjadi pilihan saat ingin membuat olahan kue kering, kue coklat, kue lapis surabaya, pancake, kue cubit maupun membuat olahan kerupuk. 

Selain memberikan hasil akhir dengan tekstur yang kenyal, renyah, dan juga elastis. Kelebihan tepung ini adalah membuat makanan menjadi tahan lebih lama hingga 6 bulan kedepan.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar