Skip to main content

Tips Memilih Jamur yang Aman Untuk di Konsumsi

Tips Memilih Jamur yang Aman Untuk di Konsumsi

Jamur merupakan salah satu jenis tumbuhan non klorofil yang biasa dimanfaatkan sebagai komposisi dalam pembuatan berbagai macam makanan. Walaupun setiap di dalam masakan seringkali hanya dijadikan pelengkap.

jamur
Photo: orbitmetro.com

Namun jamur memberi bagian yang sangat besar dalam menyumbang atau membantu kelezatan suatu makanan. Dan dalam masakan yang khas, jamur bisa jadi tambahan hidangan yang istimewa, Jamur juga termasuk jenis sayuran yang mudah rusak apalagi jika sudah terkena atau tersentuh air.

Prinsip yang diterapkan dalam memilih jamur yaitu dengan pilih jamur yang payung dan tangkainya tidak terpisah. Kondisinya juga harus mulus bahkan halus. Sebaliknya, jangan memilih jamur yang lembab, basah, apalagi berlendir. 

jamur
Photo: orbitmetro.com

Jangan pula memilih jamur yang baunya sangat menyengat karena jamur seperti ini sudah tidak lagi segar. Pilihlah jamur yang masih enak saat dicium aromanya.

Berikut ini adalah arahan dalam memilih jamur yang baik.

1. Jamur kancing:

jamur kancing
Photo: ilmubudidaya.com

Biasanya jamur jenis ini disebut juga jamur champignon. Pilih juga yang payung jamurnya berukuran sama besar juga warnanya putih bersih. Hindari memilih jamur berbercak cokelat karena ini berarti jamur itu sudah hampir rusak bahkan sudah rusak.

2. Jamur merang: 

Pilih jamur yang masih segar. Tandanya yaitu berwarna terang dan juga halus pada daerah permukaannya. Jamur merang mengandung gizi yang tinggi apalagi yang payungnya mekar. 

jamur merang
Photo: caratanam.com

Tapi pada bagian bawahnya belum berubah menjadi warna kehitaman. Bisa juga memilih jamur yang masih muda dan masih kuncup. Lalu, simpan di lemari es hingga kuncup jamur mekar dengan sempurna.

3. Jamur tiram:

jamur tiram
Photo: blibli.com

Pilih jamur yang masih utuh payung jamurnya dan yang berwarna putih bersih. 

4. Jamur kuping:

Jamur kuping kering sangat rawan terkena jamur. Cermati secara jeli dengan memilih permukaan jamurnya yang mulus dan warnanya hitam merata.

jamur kuping
Photo: faktualnews.co

Jika memilih yang basah, pilihlah jamur yang berukuran tebal, berwarna hitam pekat, tidak berbau, dan tidak juga berlendir. 

5. Jamur shiitake atau biasa disebut hioko: 

Untuk jenis ini sebagian ada yang menjual segar dan ada juga yang menjual kering.

jamur shiitake
Photo: sahabatdapur.com

Keduanya memiliki tolak ukur yang sama dalam pemilihannya maka cari yang batangnya utuh dan juga payung jamurnya berwarna cokelat terang.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar