Skip to main content

Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Tidak Busuk

Tips Menyimpan Daun Bawang Agar Tidak Busuk

Daun bawang sering digunakan sebagai bahan pelengkap pada suatu masakan. Bahkan, banyak juga yang menggunakan daun bawang sebagai perias suatu masakan. 

daun bawang
Photo: ruangmuslimah.co

Namun, sering juga ketika kita membeli daun bawang di pasar maupun supermarket, kita akan mendapatkannya dalam bentuk diikat yang berisi beberapa batang. 

Selain itu juga, daun bawang pun lebih rentan layu dan warnanya menguning walaupun sudah disimpan di dalam lemari es. Jangan cemas, inilah tips dan trik untuk mengakalinya :

1. Keringkan daun bawang dengan tisu

Trik dari daun bawang yang segar dan tahan lama yaitu selalu disimpan dalam keadaan yang kering. Setelah dicuci dengan bersih, lap daun bawang menggunakan tisu dapur atau bahkan serbet bersih. 

daun bawang
Photo: blibli.com

Lap hingga benar kering agar daun bawang tidak dengan cepat berubah warna menjadi menguning. Jika Anda memiliki sisa irisan daun bawang yang tidak terolah, Anda hanya perlu mengeringkannya dengan tisu dapur sebelum disimpan. 

Tekan perlahan agar air terserap dengan sempurna dan daun bawang tidak rusak. Dengan menyimpannya dalam keadaan kering, daun bawang akan tetap segar dan bisa dipakai kembali untuk dimasak ke esokan harinya.

2. Disimpan dalam kantong plastik di kulkas

Tempatkan daun bawang tersebut di rak kulkas. Perhatikan, saat dibiarkan terbuka di dalam kulkas, maka daun bawang akan mengeluarkan aroma tertentu yang dapat diserap oleh makanan lainnya di dalam kulkas.

daun bawang
Photo: hellomagetan.com

Sebaiknya bungkus dengan rapi menggunakan kantong plastik untuk mempertahankan kelembaban. Ingat, jangan mencuci atau memotong daun bawang sebelum disimpan, sebab daun bawang akan menjadi cepat dengan busuk. 

Masukkan ke dalam kantong plastik yang berlubang, kemudian letakkan daun bawang di dalam rak laci kulkas. Dengan begitu, dapat menggunakan daun bawang tersebut sekitar kurang lebih 10 hari kemudian.

3. Pisahkan Bagian Daun dan Batang

Sebetulnya, Anda bisa meyimpan bagian daun bawang dan batang secara bersamaan. Hanya saja, tekstur dan kandungan air kedua bagian itu tidaklah sama. Bagian daun lebih cepat membusuk daripada bagian batangnya.

daun bawang

Photo: fajar.co.id

Sehingga, jika disimpan dengan bersama, bagian batang akan terpicu untuk membusuk lebih cepat. Nah, supaya keduanya bisa digunakan dalam waktu lebih lama dan bahkan masih tetap segar, simpan bagian daun dan batang secara terpisah, di wadah yang berbeda.

4. Disimpan di dalam botol

Cara ini tidak membutuhkan air, langkahnya yaitu, siapkan botol bekas air mineral yang sudah dicuci hingga bersih. Setelah itu, bersihkan semua sisa daun bawang dan iris hingga daun bawang halus.

daun bawang
Photo: awanjakarta.com

Jika sudah dibersihkan, maka langkah selanjutnya keringkan daun bawang tersebut dengan lap serbet atau tisu, lalu masukkan ke dalam botol. Simpan daun bawang tersebut di dalam kulkas. Daun bawang yang sudah diiris dan juga disimpan di dalam botol akan bertahan kurang lebih sekitar 3 minggu ke depan.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar