Skip to main content

Tips Menyimpan Kentang Kupas Agar Tidak Berubah Warna

Tips Menyimpan Kentang Kupas Agar Tidak Berubah Warna

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak diolah menjadi beberapa masakan lezat. Selain menjadi masakan sehari-hari, kentang juga bisa dijadikan sebagai camilan yang enak dan juga menyehatkan. 

kentang
Photo: pesisirnasional.com

Dikarenakan kentang dapat diolah menjadi bermacam makanan, tidak jarang sebagian orang selalu mengupas kentang. 

Kentang akan berubah warna menjadi warna kecokelatan saat dibiarkan terbuka di dalam suhu ruangan. Hal ini dikarenakan adanya suatu aktivitas enzim peroksidase dan katalase di dalam kentang yang bereaksi dengan oksigen. Proses reaksi ini namanya browning enzimatic.

kentang
Photo: ruangmuslimah.co

Kini kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menyimpan sayuran kentang yang sudah dikupas tanpa perlu khawatir warnanya akan berubah menjadi warna kecoklatan. 

Berikut ini tips menyimpan kentang yang sudah dikupas agar tidak berubah warna yang bisa Anda lakukan:

kentang kupas
Photo: .ruangmuslimah.co

1. Rendam di air dingin

Agar kentang tetap utuh menyeluruh dan juga tidak berubah warna setelah dikupas, rendam dengan air yang dingin sampai Anda siap untuk menggunakannya. Jika Anda ingin segera merebusnya, harus setelah selesai megupasnya.

2.  Rendam Kentang dengan Air Lemon

Air lemon juga mempunyai sifat asam atau mempunyai kadar pH yang rendah, sehingga dapat mencegah kentang yang sudah dikupas berubah warna menjadi kecokelatan.

Namun, tips ini memberikan rasa asam pada kentang yang di kupas. Jadi, harus disesuaikan takaran dari lemon dan air campurannya dengan jumlah kentang yang akan direndam.

3. Merendam Kentang dalam Larutan Air Garam dan Kapur Sirih

Ini dapat membantu menjaga warna kentang agar tidak berubah menjadi kecokelatan. Selain itu juga, keutamaan dalam merendam kentang dengan cara ini menjadikannya lebih gurih ketika akan diolah. 

Cara melakukannya pun cukup mudah, hanya perlu mencampurkan dua sendok makan garam halus dan satu sendok makan air kapur sirih ke dalam satu liter air.

4. Merebus Kentang ke dalam Air Mendidih

Merebus kentang yang kulitnya belum dikupas ke dalam air yang mendidih. Cukup lakukan sekitar krang lebih 1-2 menit saja. Cara ini sangat mempan untuk menjaga kentang agar tidak berubah warna. 

Hal ini dikarenakan suhu yang panas saat merebus kentang akan menghancurkan enzim peroksidase dan katalase yang terkandung dalam suatu kentang, sehingga kentang tidak akan berubah warna menjadi kecokelatan setelah dikupas.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar