Skip to main content

Tips Merebus Jagung Agar Tetap Memiliki Kandungan Nutrisi

Tips Merebus Jagung Agar Tetap Memiliki Kandungan Nutrisi

Jagung merupakan bahan makanan yang sangat mudah didapat dan juga mudah untuk diolah, terutama dengan cara direbus. 

jagung rebus
Photo: pioneer.com

Namun tetap saja banyak orang seringkali salah dalam merebus jagung, hanya karena ukuran jagungnya yang besar, sehingga merebusnya dalam waktu yang lama, padahal cara inilah yang bisa menghilangkan rasa manis alami pada jagung dan bahkan bisa mengurangi kandungan nutrisinya.

Pada saat memasak jagung dengan cara direbus, tentu kita menginginkan tekstur yang lebih empuk dan juicy. Tidak ketinggalan juga rasa manis yang terasa saat kita menyantapnya.

jagung
Photo: holisticare.co.id

Lazimnya, jagung manis yang segar tidak butuh waktu lama ketika direbus, hanya cukup 5 hingga 10 menit saja. Jika jagung yang telah dikupas kulitnya, hanya butuh waktu 2-5 menit saja untuk direbus.

Semakin manis dan segar jagung itu, semakin sebentar juga waktu untuk merebusnya. Tanda dari jagung sudah matang yaitu warnanya menguning transparan.

  • Berikut ini ada beberapa tips dalam merebusnya :

1. Waktu Merebus Jagung yang Baik

Faktor lain yang juga memengaruhi waktu dalam perebusan jagung yaitu ada pada pertanyaan jagung itu direbus bersama kulitnya atau harus sudah dikupas? 

Nah, Jika Anda merebus jagung utuh bersama kulitnya, maka butuh waktu 10 menit untuk merebus, perebusannya akan sedikit lama. Semakin banyak yang direbus juga maka akan semakin lama waktu untuk perebusannya.

Namun akan lebih baik jika kalian mengupas dulu kulit jagung sebelum direbus sehingga bisa mengamati tingkat kematangan jagung tersebut. Jadi, waktu optimal merebus jagung agar tetap manis dan tidak kehilangan nutrisinya yaitu kurang lebih 10 menit.

2. Pilih Jagung yang segar

jagung segar
Photo: nose.co.id

Bila jagung dibeli masih dalam keadaan yang segar, teksturnya yang dimiliki pun masih empuk dan sentuhan rasa manisnya alami. Tentunya itulah, cita rasa yang diinginkan walaupun sudah dimasak sekalipun.

3. Tutup Rapat Panci

Agar jagung yang kita rebus tidak keriput, setelah jagungnya matang matikan api kompornya lalu tutup rapat. Bila hanya untuk dimakan sendiri cukup ambil seperlunya saja ketika ingin makan. 

Dengan begitu rasanya pun akan tetep manis dan segar dengan ciri khas jagung rebus. Tetapi jika ingin untuk hidanggan ambil dari pancinya agar jagung tersebut tetap dalam keadaan hanggat dan tingkat penguapan nya pun rendah sehingga keriput nya terminimalisir.

Itu tadi beberapa tips yang mudah dan bisa kamu coba untuk merebus jagung agar tetap memiliki kandungan nutrisinya yang tinggi. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar