Skip to main content

Membuat Wingko Babat Yang Super Legit

kamu termasuk penggemar jajanan dan kue asli Indonesia? Sungguh banyak sekali jajanan dan kue asli Indonesia yang terkenal akan kelezatan rasanya. Dan cemilan ini salah satu kue favorit keluarga saya. Kamu bisa temuin juga, biasanya kalau kamu naik kereta api atau kebetulan lagi berkunjung ke daerah Semarang, kamu dengan mudah akan menemukan makanan ini dengan Cap Kereta Api. Kamu tau ga sayy berdasarkan beberapa sumber yang saya dapat, resep aslinya sebenarnya berasal dari daerah babat yang berada di Lamongan, Jawa Timur. Nah buat kamu yang pengen tau bagaimana cara membuatnya baca sampai habis ya artikel Resep Rahasia Bikin Wingko Babat Yang Legit.

Membuat Wingko Babat Yang Super Legit
foto : foodketo.com

Bahan- bahan : 

  1. 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  2. 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  3. Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  4. Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  5. parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  6. satu psc daun pandan
  7. satu sendok margarin
  8. satu sendok teh garam dapur halus beryodium
  9. setengah sendok teh vanili
  10. bahan olesan ( dua telur kuning di campur dengan margarin)
  11. kertas minyak

Membuat Wingko Babat Yang Super Legit
foto : desainermales.com

Cara membuat Resep Wingko Babat

Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih. Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Tuangkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata. 

Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Lalu ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis. Setelah itu ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Jangan lupa alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus. Panaskan oven sampai mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Lalu olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar