Skip to main content

Tips Memasak Nasi Agar Empuk, Pulen dan Beraroma Harum

Tips Memasak Nasi Agar Empuk, Pulen dan Beraroma Harum

Memakan nasi yang empuk, dan juga harum pasti sangat diinginkan oleh setiap orang. Membuat nasi yang empuk, juga harum tidak harus pakai beras yang mahal. 

Tips Memasak Nasi Agar Empuk, Pulen dan Beraroma Harum
Photo: ruangmuslimah.co

Menanak nasi ini pun bisa dibilang sebagai aktivitas yang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang yang jarang masak nasi bahkan tidak pernah memasaknya, tentu ini akan membuat merasa sangat bertanya-tanya. 

Sedangkan bagi yang sudah terbisa memasak nasi, tidak jarang juga kita akan tetap mendapatkan nasi yang kurang pulen atau bisa disebut kurang enak.

nasi
Photo: suratkabar.id

Berikut ini tips untuk memasak nasi agar makin pulen dan juga beraroma wangi yang khas. Simak ulasannya dibawah ini :

1. Cuci beras yang akan dimasak tidak lebih dari 3 kali (max 3x)

Tips utama yaitu pada saat mencuci beras, pastikan pada saat Anda melakukan pencucian beras yang akan dimasak, berasnya harus bersih dari semua kotoran yang mungkin tertinggal di dalam beras. 

cuci beras
Photo: doetaindonesia.com

Pada saat mencuci beras, hendaknya tidak lebih dari 3 kali dicuci. Tiga kali dicuci saja sudah cukup untuk membuat beras bersih. Tapi pastikan juga ketika mencuci beras lakukan secara menyeluruh. 

cuci beras
Photo: guyuy.com

Jangan beranggapan bahwa mencuci beras dengan semakin banyak mencuci akan membuat beras terlihat lebih bersih. Karena mencuci beras lebih dari tiga kali justru akan membuat beras kehilangan serat ini terjadi pada beras organik.

2. Perbandingan beras dan air yang tepat

Tips kedua untuk memasak beras supaya empuk, wangi dan tidak gampang basi harus perhatikan perbandingan antara beras dan juga air. 

air beras
Photo: ruangmuslimah.co

Apabila air yang dimasukkan ke dalam beras terlalu banyak maka nasi akan menjadikan lembek. Melainkan jika air yang dipergunakan untuk memasak beras terlalu sedikit maka membuat nasi menjadi kering bahkan bisa gosong. 

Gunakan perbandingan dengan  rasio 1:2 untuk beras dan juga air. Artinya yaitu, dalam satu gelas beras membutuhkan 2 gelas berisi air. 

Namun untuk jenis beras pera( beras tidak memiliki bentuk yang bulat, dan ukurannya lebih kecil) dapat ditambahkan air sedikit lebih banyak karena beras ini mempunyai tekstur yang sedikit keras dan juga kering.

3. Tambahkan bumbu-bumbu ekstra untuk membuat nasi memiliki rasa dan aroma yang khas.

zaitun
Photo: goodchoice.id

Menciptakan beras yang memiliki rasa dan juga aroma yang harum perlu bisa menggunakan bumbu tambahan. Misalnya, jika mengharapkan nasi yang gurih bisa Anda tambahkan sedikit garam atau beberapa tetes minyak.

pandan
Photo: rumahlia.com

Bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Selain itu, untuk menjadikan nasi yang beraroma wangi khas bisa ditambahkan sedikit cuka atau bisa beberapa helai dari daun pandan.

4. Aduk beras yang dimasak setelah 20-30 menit

Jika menggunakan panci, masak beras selama kurang lebih 20-30 menit dan juga gunakan api kecil. Setelah dirasa sudah matang, diamkan dahulu selama kurang lebih 5-10 menit supaya beras pada dasar panci juga ikut matang.

nasi
Photo: .orbitmetro.com

Sedangkan memasak dengan rice cooker tinggal menunggu tombol “cook” yang akan berubah menjadi “warm”. Namun, kualitas dari rice cooker juga bisa menentukan suatu kualitas nasi. Jika kualitas rice cooker yang jelek, maka bisa rapat dan juga gosong di dasar panci. 

Setelah itu, nasi yang telah matang harus diaduk secara merata. Sehingga uap air akan keluar dan nasi tidak mudah basi.



Yuk, kunjungi toko online grosir sandal murah dan lihat produk sandal yang bisa di jual kembali untuk usaha sampingan.

Pusat Gosir Sandal Murah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar anda dengan klik "Buka Komentar" 😉
Buka Komentar
Tutup Komentar